Setiadivani, Salwa (2025) Produk Citizen Journalism Dalam Perspektif Bab Fikih Bermedia Sosial Organisasi Muhammadiyah. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3421096_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3421096_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
3421096_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Produk Citizen journalism dalam Perspektif Fikih Bermedia Sosial Organisasi Muhammadiyah” bertujuan untuk menganalisis produk citizen journalism di media sosial dalam kaitannya dengan fikih bermedia sosial yang dikeluarkan oleh Muhammadiyah. Perkembangan teknologi komunikasi yang pesat memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menyebarluaskan informasi melalui platform media sosial. Fenomena ini melahirkan citizen journalism, di mana masyarakat umum menjadi sumber berita dan informasi. Namun, kehadiran citizen journalism memunculkan permasalahan terkait akuratisasi dan kredibilitas informasi yang disebarluaskan, termasuk potensi penyebaran hoaks dan informasi yang belum terverifikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka dan analisi isi. Data diperoleh dari berbagai sumber literatur terkait citizen journalism dan dokumen resmi Muhammadiyah tentang fikih informasi bermedia sosial. Analisis dilakukan dengan mengacu pada prinsip-prinsip fikih bermedia sosial yang bertujuan untuk menjaga kredibilitas, akurasi, serta etika dalam penyampaian informasi di era digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk citizen journalism dalam media sosial Muhammadiyah mengandung prinsip-prinsip dasar dalam fikih bermedia sosial, seperti verifikasi informasi, menjaga etika penyampaian, dan mengutamakan kemaslahatan. Produk Citizen journalism ini mengacu pada isu-isu yang sedang menjadi topik pembbicaraan dalam masyarakat, selain itu juga menjadi sarana dakwah yang efektif. Adapun prinsip fikih bermedia sosial yang diterapkan pada produk citizen journalism ini seperti Akhlakul Karimah, kemashlahatan dan moderasi. Citizen journalism yang mengabaikan prinsip-prinsip ini berpotensi menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat, seperti penyebaran berita palsu dan fitnah. Adapun manfaat citizen journalism di era saat ini memberikan kemudahan akses informasi dalam penyebaran dakwah, sedangkan tantangan yang dihadapai citizen journalism ini memiliki potensi penyebaran informasi yang kurang valid dan berisiko hoaks. Oleh karena itu, perlu adanya edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya bermedia sosial secara bertanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai Islam. Penelitian ini memberikan manfaat praktis berupa pedoman bagi pengelola akun citizen journalism untuk meningkatkan kualitas informasi yang disajikan. Selain itu, penelitian ini juga bermanfaat secara akademis sebagai bahan referensi bagi studi lanjut mengenai citizen journalism dalam perspektif etika Islam. Kata Kunci: Citizen journalism, Fikih Bermedia Sosial Muhammadiyah, Media Sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Citizen journalism, Fikih Bermedia Sosial Muhammadiyah, Media Sosial. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2025 02:15 | ||||||||
Last Modified: | 14 Mar 2025 02:15 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |