Abimanyu, Aji (2025) Upaya guru PAI dalam meningkatkan life skill siswa di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2118301_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2118301_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2118301_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan tidak hanya mengejar ilmu pengetahuan semata tetapi harus ada proses pengembangan keterampilan, sikap, dan nilainilai tertentu yang dapat diterapkan dalam kehidupan peserta didik dimasa yang akan datang. Upaya guru antara lain ialah untuk membantu siswa meningkatkan dan memodifikasi perilaku mereka dengan menggunakan serangkaian strategi perilaku yang saling berhubungan yang diterapkan dalam keadaan tertentu. Life Skill merupakan sebuah kewajiban yang harus dimiliki oleh setiap individu, kecakapan hidup (life skills) "manual pribadi" bagi tubuh seseorang. Guru PAI sebagai komponen yang penting dalam proses pembelajaran maka motivasi belajar juga merupakan faktor penunjang untuk menentukan usaha belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Melalui kegiatan pembelajaran, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) berupaya mendidik peserta didik agar memahami (mengetahui), kompeten dalam menerapkan (mengerjakan), dan mengamalkan (menjadi) agama Islam Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru PAI, observasi kegiatan pembelajaran, serta dokumentasi terkait upaya pengembangan life skills di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan keterampilan hidup (life skills) siswa di SMA Hasyim Asy'ari Pekalongan. Life skill yang dimaksud meliputi kemampuan berpikir kritis, komunikasi efektif, kerja sama, dan kemampuan memecahkan masalah yang diperlukan oleh siswa untuk menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di SMA BHasyim Asy'ari Pekalongan menerapkan berbagai metode inovatif dan kontekstual dalam pembelajaran, seperti diskusi kelompok, simulasi, proyek sosial,demonstrasi, dan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan life skills siswa. Guru PAI juga berupaya dalam mengintegrasikan nilai-nilai agama Islam dengan keterampilan hidup, sehingga siswa tidak hanya memiliki pengetahuan agama yang baik, tetapi juga mampu menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan, antara lain keterbatasan waktu dalam mengembangkan life skills secara optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | upaya guru pai, life skill | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2025 06:19 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jun 2025 08:09 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |