Annisa Muslimah Latif, Annisa (2025) Analisis Kesiapan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Ipas Kelas V Di Mi Sullam Taufiq Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321197_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2321197_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2321197_LampiranSkripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Muslimah, Annisa, 2025. “Analisis Kesiapan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS Kelas V Di MI Sullam Taufiq Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. FTIK. UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Fatmawati Nur Hasanah M.Pd. Kata Kunci: Kesiapan Guru, Penerapan, Kurikulum Merdeka, IPAS Penelitian ini dilatar belakangi dengan perubahan kurikulum yang berpengaruh bagi kualitas pendidikan yang ada di indonesia. Tujuan dari dilakukannya perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka yaitu untuk menyempurnakan kurikulum terdahulu. Pelaksanaan kurikulum merdeka merupakan konsep yang disukai dalam dunia pendidikan karena menuntut pendidikan untuk menunjukkan kesiapan dalam proses pembelajaran. Sehingga guru harus mampu menciptakan pembelajaran sesuai dengan ketentuan kurikulum yang bertujuan menganalisis kesiapan guru. Penelitian ini mengangkat tiga rumusan masalah yaitu 1) bagaimana kesiapan guru dalam penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS kelas V di MI Sullam Taufiq Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan 2) apa saja problematika guru dalam penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS kelas V di MI Sullam Taufiq Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan 3) bagaimana solusi mengatasi problematika yang dihadapi guru dalam penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS kelas V di MI Sullam Taufiq Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan Jenis penelitian dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan (Field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik analisis datanya berupa reduksi dara, penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kesiapan guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran IPAS kelas V di MI Sullam Taufiq Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan sudah memiliki kesiapan yang baik pada aspek kognitif dan psikologis, sedangkan pada aspek finansial masih kurang optimal pada penggunaan sarana dan prasarana . Problematika yang dihadapi guru yaitu kesulitan dalam menentukan strategi dan metode yang tepat dalam pembelajaran, kurangnya sarana dan prasarana dalam mendukung pembelajaran di kurikulum merdeka, Selain itu penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang kurang maksimal. Upaya guru untuk mengatasi problematika terhadap penerapan Kurikulum Merdeka siswa Kelas V di MI Sullam Taufiq Kajen yaitu dengan mengikuti seminar dan workshop Kurikulum Merdeka guna menambah wawasan dan meningkatkan kreativitas guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka, serta melakukan pertemuan rutin dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk memecahkan kesulitan yang dialami guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Guru, Penerapan, Kurikulum Merdeka, IPAS | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2025 06:12 | ||||||||
Last Modified: | 25 Mar 2025 02:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12402 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |