Problematika pembelajaran saraf menggunakan kitab Amsilah Al-Tasrif karya K.H Khudori Tabri As-Simbangi di kelas vii MTS Salafiyah Simbangkulon II Pekalongan

Azizah, Zulia (2024) Problematika pembelajaran saraf menggunakan kitab Amsilah Al-Tasrif karya K.H Khudori Tabri As-Simbangi di kelas vii MTS Salafiyah Simbangkulon II Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221018_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (951kB)
[img] Text
2221018_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2221018_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbekalangi dari problematika yang terjadi dalam pembelajaran saraf menggunakan kitab Ams|ilah Al-tas}rif yang dikarang oleh K.H Khudori Tabri As-Simbangi. Kitab Ams|ilah Al-tas}rif merupakan kitab saraf yang dikarang menggunakan bahasa Arab pegon yang menjadikan peserta didik mengalami kesulitan karena latar belakang yang berbeda. Di kelas VII terdapat peserta didik yang masih mengalami kesulitan dalam mentasrifkan sebuah kalimat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) bagimana problematika pembelajaran s}araf Menggunakan Kitab Ams|ilah Al-tas}rif Karya K.H Khudori Tabri As-Simbangi di Kelas VII MTS Salafiyah Simbangkulon II? Dan 2) bagaimana solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran s}araf Menggunakan Kitab Ams|ilah Al-tas}rif Karya K.H Khudori Tabri As-Simbangi di Kelas VII MTS Salafiyah Simbangkulon II? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan problematika pembelajaran s}araf menggunakan kitab Ams|ilah Altas}rif karya K.H Khudori Tabri As-Simbangi di Kelas VII MTs Salafiyah Simbangkulon II Pekalongan. 2) mendeskripsikan solusi dari problematika dalam pembelajaran s}araf dengan menggunakan kitab Ams|ilah Al-tas}rif karya K.H Khudori Tabri As-Simbangi di Kelas VII MTs Salafiyah Simbangkulon II Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reserch) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran s}araf Menggunakan Kitab Ams|ilah Al-tas}rif Karya K.H Khudori Tabri As-Simbangi di Kelas VII MTS Salafiyah Simbangkulon II Pekalongan dapat disimpulkan bahwa, permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran dapat berupa dari tujuan pembelajaran, strategi, metode maupun evaluasi pembelajaran itu sendiri. Selain probelematika tersebut terdapat juga problematika linguistik dan nonlinguistik. Upaya dalam mengatasi problematika tersebut yaitu menambah jam pembelajran, menggunakan metode yang unik, mencatat point penting dan mengulang kembali materi yang sudah dipelajari.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyukron, Ahmad AufaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: problematika, pembelajaran, saraf, kitab amsilah al-tasrif
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Mar 2025 07:02
Last Modified: 02 Jun 2025 04:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12412

Actions (login required)

View Item View Item