Kajian Etika Bisnis Islam Influencer Dalam Praktik Endorsement Di Batang Dan Pekalongan

Putra, Augasta Eka Rasa (2025) Kajian Etika Bisnis Islam Influencer Dalam Praktik Endorsement Di Batang Dan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50423011_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50423011_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
50423011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong pertumbuhan penggunaan internet dan media sosial di Indonesia, dengan 167 juta pengguna media sosial pada tahun 2023. Hal ini membuka peluang besar bagi pelaku usaha dan influencer untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Namun, praktik endorsement oleh influencer sering kali menimbulkan masalah seperti ketidaksesuaian antara produk yang dipromosikan dengan kenyataan, kurangnya kejujuran, dan pelanggaran etika bisnis Islam. Observasi terhadap 60 pengguna media sosial di wilayah Batang dan Pekalongan menunjukkan adanya ketidakpuasan terkait kualitas produk dan kejelasan promosi oleh influencer. Selain itu, hasil observasi terhadap 20 pelaku usaha di wilayah yang sama mengungkapkan ketidaksesuaian jadwal promosi yang disepakati. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana proses endorsement yang dilakukan oleh Influencer di Batang dan Pekalongan?; (2) Bagaimana praktek endorsement yang dilakukan oleh di Batang dan Pekalongan untuk memenuhi etika bisnis Islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses endorsement oleh influencer di wilayah Batang dan Pekalongan serta menganalisis implementasi prinsip etika bisnis Islam dalam praktik tersebut. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data dikumpulkan dari influencer yang memanfaatkan platform Instagram sebagai media utama promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor seperti kesesuaian antara influencer dan produk, kredibilitas, serta gaya komunikasi menjadi kunci keberhasilan endorsement. Dalam perspektif etika bisnis Islam, nilai-nilai seperti transparansi melalui akad, keadilan dalam perlakuan klien, kemudahan transaksi, serta integritas moral termasuk penolakan terhadap produk tidak halal telah diterapkan, meskipun masih terdapat kekurangan. Penelitian ini menawarkan paradigma baru tentang menjadi influencer syariah yang mengintegrasikan prinsip-prinsip etika Islam dengan praktik ekonomi modern, menciptakan model bisnis digital yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan finansial tetapi juga mempertimbangkan aspek spiritual, sosial, dan tanggung jawab moral. Temuan ini diharapkan berkontribusi pada transformasi model bisnis digital yang lebih etis, keberlanjutan ekonomi digital, serta pengembangan kerangka regulasi yang mendukung praktik endorsement berbasis nilai-nilai Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, Susminingsih197502111998032001UNSPECIFIED
Thesis advisorMa'shum, AM. Muh. Khafid197806162003121003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media sosial, endorsement, etika bisnis Islam, influencer
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 18 Mar 2025 02:36
Last Modified: 27 Mar 2025 03:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12416

Actions (login required)

View Item View Item