Implementasi Problem Based Learning dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SD Islam Terpadu Gondang Wonopringgo

Komariyah, Siti (2024) Implementasi Problem Based Learning dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SD Islam Terpadu Gondang Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321108_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321108_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2321108_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan di era modern menuntut pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. problem based learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang diterapkan dalam kurikulum merdeka untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. problem based learning menjadi model pembelajaran yang menerapkan masalah dalam dunia nyata sebagai konteks bagi peserta didik untuk berlatih berpikir kritis dan mendapatkan kemampuan memecahkan masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup : bagaimana implementasi problem based learning pada mata pelajaran IPAS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SDIT Gondang Wonopringgo ?, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi problem based learning pada mata pelajaran IPAS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SDIT Gondang Wonopringgo ?. Berdasarkan rumusan tersebut, tujuan penelitian ini untuk mendeskipsikan implementasi problem based learning pada mata pelajaran IPAS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SDIT Gondang Wonopringgo serta menganalisis implementasi problem based learning pada mata pelajaran IPAS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SDIT Gondang Wonopringgo. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning berjalan dengan baik dan efektif dalam meningkatkan keterlibatan aktif serta kemampuan berpikir kritis siswa. Pembelajaran dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, dengan menekankan pemecahan masalah berbasis pengalaman nyata. Faktor pendukung implementasi PBL meliputi keaktifan peserta didik, adanya pemberian motivasi dari guru. Namun, terdapat beberapa hambatan, seperti ada peserta didik yang kurang fokus, dan manajemen waktu yang kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHayudinna, Hafizah GhanyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kurikulum Merdeka, Kemampuan Berpikir Kritis, Mata Pelajaran IPAS, Siswa Kelas IV
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 19 Mar 2025 04:02
Last Modified: 19 Mar 2025 04:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12441

Actions (login required)

View Item View Item