Millati, Arini (2025) Strategi Guru Dalam Meningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas 1 Melalui Metode Quantum Learning Di MI Walisongo Kranji 01 Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
Cover_Bab 1-V Arini Millati.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
FULLTEXT_Arini Millati.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
Lampiran_Arini Millati.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) |
Abstract
Quantum Learning adalah suatu pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pengembangan potensi belajar siswa melalui penggunaan berbagai teknik dan strategi yang menarik dan terbukti efektif. Guru dapat menggunakan metode storytelling, permainan peran, atau berbagai aktivitas kreatif lainnya untuk membangkitkan minat siswa dalam membaca. Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, terbuka, dan penuh semangat dapat membantu siswa merasa termotivasi untuk belajar membaca. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatan keterampilan membaca siswa kelas 1 melalui metode Quantum Learning di MI Walisongo Kranji 01 Kabupaten Pekalongan 2) Dampak Metode Quantum Learning dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 01 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah proses reduksi data, proses penyajian data, proses menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 melalui metode Quantum Learning di MI Walisongo Kranji 01 berjalan secara efektif dan menarik. Guru menggunakan berbagai strategi seperti menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, menerapkan berbagai model serta memanfaatkan media pembelajaran interaktif seperti flashcard, lagu, permainan membaca, dan metode multisensori. Selain itu, guru juga menerapkan pembelajaran berbasis kelompok untuk meningkatkan partisipasi siswa. Dampak Metode Quantum Learning dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 menunjukkan hasil yang sangat positif. Metode ini berhasil meningkatkan minat baca, pemahaman, dan kepercayaan diri siswa dalam membaca. Siswa yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam mengenali huruf dan merangkai kata menjadi lebih lancar dalam membaca serta lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, suasana kelas yang lebih menyenangkan dan interaktif menjadikan proses pembelajaran lebih efektif dan tidak membosankan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Ketrampilan Membaca, Metode Quantum Learning. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2025 05:48 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jun 2025 07:06 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12445 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |