Pengaruh interaksi sosial terhadap akhlak siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam kelas vii SMP Negeri 2 Kajen Pekalongan

Rozi, Mochammad Fachrur (2025) Pengaruh interaksi sosial terhadap akhlak siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam kelas vii SMP Negeri 2 Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121016 _COVER,BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121016 _FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2121016 _LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh interaksi sosial terhadap akhlak siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kajen Pekalongan. Penelitian ini dilatar belakangi tentang interaksi sosial yang terjadi dikelas sangat berpengaruh terahadap akhlak siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana interaksi social dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Kajen Pekalongan?, Bagaimana tingkat akhlak siswa di SMP Negeri 2 Kajen Pekalongan?, Bagaimana interaksi sosial dalam pembelajaran pendidikan agama islam berpengaruh terhadap akhlak siswa kekas VII SMP Negeri 2 Kajen Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk menjelaskan Seberapa tingkat interaksi sosial di SMP Negeri 2 Kajen Pekalongan. Untuk menjelaskan Seberapa tingkat akhlak siswa di SMP Negeri 2 Kajen Pekalongan. Untuk memberikan penjelasan pengaruh interaksi sosial terhadap akhlak siswa di SMP Negeri 2 Kajen Pekalongan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif, kemudian sampel yang digunakan berjumlah 75 siswa, teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah mencari data menggunakan angket. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Berdasarkan hasil analisis interaksi sosial dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VII SMP Negeri 2 Kajen Pekalongan, 26 dari 75 responden memiliki tingkat interaksi sosial yang kurang baik, dengan persentase 34,66%. Sementara itu, 32 responden menunjukkan interaksi sosial baik ,dengan persentase 42,66%. Adapun 17 responden lainnya memiliki tingkat interaksi sosial yang sangat baik, dengan presentase 22,66%. Secara keseluruhan, mayoritas interaksi sosial dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VII SMP Negeri 2 Kajen Pekalongan dapat dikategorikan sebagai baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui tingkat akhlak siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kajen Pekalongan, 11 dari total 75 responden keseluruhan memiliki akhlak kurang baik dengan presentase 14,66%, dan 35 responden dikategorikan Baik dengan presentase 46,66%, sedangkan 29 responden memiliki tingkat akhlak siswa sangat baik dengan presentase 38,66%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa mayoritas siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kajen Pekalongan memiliki akhlak yang baik. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kajen Pekalongan menunjukkan akhlak yang baik. Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah ini efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral dan etika positif kepada siswa. Fokus pembelajaran PAI pada pengembangan akhlak terbukti mampu membentuk karakter siswa agar berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. ix Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial (X) dan akhlak siswa (Y). Jika tingkat interaksi sosial baik maka tingkat akhlak siswa akan baik pula. Diketahui seberapa besar presentase pengaruh variabel interaksi sosial terhadap akhlak siswa. Pengaruh interaksi sosial yaitu 31,8% sedangkan sisanya sebesar 68,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dari hasil yang diperoleh persamaan regresi linier sederhana menunjukkan bahwa interaksi sosial memiliki thitung (5,832) > (1,666) yang berarti Ha diterima. Hal ini juga juga didukung oleh nilai probability value dari interaksi sosial (0,000) < (0,005). Sehingga bisa dijelaskan bahwa interaksi sosial dalam pembelajaran pendidikan agama islam berpengaruh terhadap akhlak siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAgus, KhumaedyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: interaksi sosial, akhlak sosial
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 19 Mar 2025 07:08
Last Modified: 16 Jun 2025 08:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12461

Actions (login required)

View Item View Item