Pengaruh Islamic Marketing Ethics, Customer Experience, Dan Green Banking Terhadap Kinerja Bank Syariah Melalui Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Moderating Pada PT Bank Syariah Indonesia Tahun 2022-2023 (Studi Kasus BSI Area Pekalongan)

Yusuf, Mochamad (2025) Pengaruh Islamic Marketing Ethics, Customer Experience, Dan Green Banking Terhadap Kinerja Bank Syariah Melalui Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Moderating Pada PT Bank Syariah Indonesia Tahun 2022-2023 (Studi Kasus BSI Area Pekalongan). Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50423018 - Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
50423018 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
50423018 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kinerja bank syariah merupakan suatu istilah umum yang digunakan dalam suatu tindakan aktivitas perusahaan dalam hal ini perbankan syariah untuk mengukur atas penilaian dalam suatu periode. Kinerja bank syariah semakin baik juga timbul dari kepuasan yang timbul dari nasabah. Kepuasan nasabah merupakan kelangsungan dan pencapaian bank dalam mendapatkan manajemen yang akan dijadikan investasi masa depan kemajuan perbankan. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi adalah Islamic marketing ethics, customer experience, dan green banking. Etika pemasaran syariah didasarkan pada maksimalisasi nilai yang memerlukan empati terhadap orang lain dan menghargai ciptaan-ciptaan Allah SWT, yang menyiratkan menahan diri dari perilaku merugikan orang lain dan mencegah merebaknya praktik-praktik pemasaran yang tidak etis. Customer experience merupakan hasil interaksi emosional dan fisik pelanggan dengan bisnis. Green banking adalah operasi perbankan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Islamic marketing ethics, customer experience, dan green banking terhadap kinerja bank syariah melalui kepuasan nasabah sebagai variabel moderating pada Bank Syariah Indonesia Area Pekalongan tahun 2022-2023. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini merupakan nasabah BSI Area Pekalongan di 17 kantor cabang. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 230 responden metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling, standar error yang ditetapkan yaitu 10%. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis Regresi Berganda dengan Moderasi (Moderated Regression Analysis), uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islamic marketing ethics berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja bank syariah dengan nilai beta sebesar 0.323 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Customer experience berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja bank syariah dengan nilai beta sebesar 0.439 dan nilai signifikansi 0.001 < 0.05. Green banking berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja bank syariah dengan nilai beta sebesar 0.029 dan nilai signifikansi 0.007 < 0.05. Kepuasan nasabah meoderasi pengaruh Islamic marketing ethics terhadap kinerja bank syariah, terdapat pengaruh dan signifikan dengan nilai t hitung = 4.314 > t tabel = 1.9706. Kepuasan nasabah meoderasi pengaruh customer experience terhadap kinerja bank syariah, terdapat pengaruh dan signifikan dengan nilai t hitung = 4.888 > t tabel = 1.9706. Kepuasan nasabah meoderasi pengaruh green banking terhadap kinerja bank syariah, terdapat pengaruh dan signifikan dengan nilai t hitung = 2.618 > t tabel = 1.9706.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSurur, Achmad Tubagus196812271998031004UNSPECIFIED
Thesis advisorTamammudin, Tamammudin197910302006041018UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Islamic Marketing Ethics, Customer Experience, Green Banking, Kepuasan Nasabah, Kinerja Bank Syariah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 20 Mar 2025 02:39
Last Modified: 20 Mar 2025 02:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12463

Actions (login required)

View Item View Item