Luthfiyah, Luthfiyah (2025) Revitalisasi bahasa daerah sebagai upaya mempertahankan nilai – nilai local wisdom bagi siswa di SD Islam Nusantara Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
50323001 - Cover_Bab I dan Bab VII.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
50323001 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
50323001 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya penggunaan bahasa daerah dan nilai – nilai local wisdom di lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Ditengah majunya globalisasi penggunaan Bahasa Jawa mengalami penurunan. Penurunan tersebut disebabkan pengaruh bahasa asing yang dominan dan kurangnya penerapan Bahasa Jawa di lingkungan keluarga dan sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis bentuk revitalisasi bahasa daerah, upaya mempertahankan nilai – nilai local wisdom dan kendala dalam melaksanakan revitalisasi bahasa di SD Islam Nusantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian dikumpulkan dari observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap guru, siswa dan orang tua yang terlibat program revitalisasi bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SD Islam Nusantara memiliki program pekan bahasa sebagai upaya merevitalisasi bahasa daerah. Pekan bahasa Jawa dilakukan pada minggu ketiga di setiap bulan. Siswa melaksanakan pembiasaan ini dengan seluruh warga sekolah baik dalam proses pembelajaran ataupun kegiatan tertentu di lingkungan sekolah, misalnya saat apel pagi dengan menggunakan bahasa daerah, menyanyikan lagu tradisional dan proses pembelajaran menggunakan bahasa daerah. Bentuk revitalisasi bahasa daerah yang sudah dilakukan selain pekan bahasa, sekolah juga berpartisipasi aktif dalam mengikuti festival tunas bahasa ibu (FTBI) di setiap tahun. Adapun upaya yang sudah dilakukan dalam mempertahankan nilai-nilai local wisdom melalui revitalisasi bahasa daerah antara lain integrasi nilai-nilai local wisdom di pembelajaran, pembiasaan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) ke setiap orang. Selain itu, guru juga menayangkan film edukasi dan motivasi berbahasa Jawa sebagai cara untuk menambah kosakata serta siswa dapat mengambil pelajaran dari film tersebut. Kendala dalam melaksanakan revitalisasi bahasa ini yaitu motivasi, siswa memiliki ketertarikan yang berbeda – beda dalam belajar bahasa. Selain itu peran orang tua dalam mendukung program ini. Kemudian, kurangnya kolaborasi, SD Islam Nusantara belum bekerja sama dengan lembaga ataupun tokoh masyarakat dalam merevitalisasi bahasa dan globalisasi serta modernisasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Nilai – Nilai Local Wisdom, Revitalisasi Bahasa Daerah, SD | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Mar 2025 07:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Mar 2025 07:36 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12472 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |