Maulana, Akbar (2025) Strategi Komunikasi Laz Al-Ihsan Jateng Kantor Layanan Pekalongan Dalam Meningkatkan Penghimpunan Dana Donatur. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3418127_Bab I dan Bab V.pdf Download (923kB) |
![]() |
Text
3418127_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
3418127_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
Abstract
Akbar Maulana 2024. Strategi Komunikasi LAZ AL-Ihsan Jateng Kantor Layanan Pekalongan Dalam Meningkatkan Penghimpunan Dana Donatur. Skripsi Fakultas Ushuluddin Adap dan Dakwah. Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam. Universitas Islam Negeri K.HAbdurrahman Wahid Pekalongan. Lembaga Amil Zakat (LAZ) memiliki peran penting dalam mengelola dan mendistribusikan dana zakat, infak, dan sedekah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. LAZ Al-Ihsan Jateng, khususnya Kantor Layanan Pekalongan, menghadapi tantangan dalam meningkatkan penghimpunan dana donatur di tengah persaingan antar lembaga zakat. Strategi komunikasi menjadi elemen kunci dalam upaya membangun kepercayaan, menarik perhatian calon donatur, dan mempertahankan donatur yang telah ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan oleh LAZ Al-Ihsan Jateng Kantor Layanan Pekalongan dalam meningkatkan penghimpunan dana donatur. Kajian ini juga berusaha mengevaluasi efektivitas dari strategi tersebut serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung atau menghambat pencapaian target penghimpunan dana. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pengelola LAZ Al-Ihsan, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian menemukan bahwa LAZ Al-Ihsan Kantor Layanan Pekalongan menerapkan beberapa strategi komunikasi, antara lain: Penggunaan media sosial dan Digital Marketing, peningkatan hubungan personal melalui komunikasi langsung dengan donator, penyelenggaraan acara sosial,pelaporan transparansi. Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan pada bab-bab sebelumnya dan mengacu kepada rumusan masalah yang telah ditetapkan ,maka penulis mengambil kesimpulan bahwa Strategi komunikasi yang dilakukan oleh LAZ Al-Ihsan Pekalongan telah membantu meningkatkan penghimpunan dana, terutama dengan memanfaatkan media digital dan pendekatan personal. Namun, terdapat tantangan berupa keterbatasan sumber daya manusia dan teknologi yang perlu diatasi agar strategi ini dapat lebih optimal. Penelitian ini memberikan rekomendasi berupa penguatan pelatihan staf dan pengembangan infrastruktur teknologi komunikasi untuk mendukung kegiatan penghimpunan dana di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi, penghimpunan dana, LAZ Al-Ihsan, donatur, Pekalongan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2025 03:39 | ||||||||
Last Modified: | 20 Mar 2025 03:39 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |