Implementasi Metode Pembelajaran Inovatif Berbasis Ilmu Titen Kooperatif (ITIK) dalam Meningkatkan Hafalan Aksara Jawa Peserta Didik di SDN 02 Rowoyoso, Wonokerto, Pekalongan

Fadhilah, Tiara (2025) Implementasi Metode Pembelajaran Inovatif Berbasis Ilmu Titen Kooperatif (ITIK) dalam Meningkatkan Hafalan Aksara Jawa Peserta Didik di SDN 02 Rowoyoso, Wonokerto, Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50323002_Bab I dan Bab VII.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50323002_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Fadhilah, Tiara. 2025. Implementasi Metode Pembelajaran Inovatif Berbasis Ilmu Titen Kooperatif (ITIK) dalam Meningkatkan Hafalan Aksara Jawa Peserta Didik di SDN 02 Rowoyoso, Wonokerto, Pekalongan. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pascasarjana, Universitas K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: I. Prof. Dr. Makrum, M.Ag. II. Dr. Hj. Nur Khasanah, M.Ag. Kata Kunci: Metode ITIK, Menghafal, Aksara Jawa Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran aksara jawa yang masih menjadi tantangan bagi pendidikan di tingkat sekolah dasar, terutama dalam mempertahankan daya ingat peserta didik untuk menghafalkan bentuk huruf aksara jawa. Salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang menarik dan kurang sesuai dengan karakteristik belajar anak. Oleh karena itu, diperlukan inovasi metode pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas hafalan bentuk-bentuk huruf aksara jawa Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis Pengimplemnetasian Metode Pembelajaran Inovatif Berbasis Ilmu Titen Kooperatif (ITIK) dalam Meningkatkan Hafalan Aksara Jawa Peserta Didik di SDN 02 Rowoyoso, Wonokerto, Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan untuk membantu peserta didik dalam menghafal aksara jawa adalah metode pembelajaran ITIK (Ilmu Titen Kooperatif) yang berkonsep pembelajaran secara berkelompok untuk mendapatkan pengalaman belajar secara langsung dengan diawali langkah- langkah membuat kartu aksara jawa, mengelompokkan peserta didik, melaksanakan diskusi kelompok, dan terakhir melakukan evaluasi untuk naik ke level berikutnya. Selain itu, pengimpelmentasian ini juga di dukung oleh penggunaan media belajar berupa kartu aksara jawa dan juga lagu aksara jawa, meskipun perbedaan daya ingat, suasana kelas ramai, serta kurangnya motivasi juga menghambat penerapan metode ITIK di atas. Peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode ITIK (Ilmu Titen Kooperatif) dalam meningkatkan hafalan aksara jawa di SDN 02 Rowoyoso membawa dampak baik berupa kemudahan dan lebih efisien waktu bagi peserta didik dalam menghafal aksara jawa. Selain itu, peserta didik juga merasa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran serta lebih bersemangat untuk mencoba menghafalkan bentuk-bentuk huruf aksara jawa, dan yang paling penting kemampuan berkerja sama dalam tim menjadi lebih terlatih dengan penggunaan metode ITIK tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode ITIK, Menghafal, Aksara Jawa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 20 Mar 2025 01:58
Last Modified: 20 Mar 2025 01:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12490

Actions (login required)

View Item View Item