Implementasi Contextual Teaching And Learning (Ctl) Melalui Kegiatan Manasik Haji Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas Vi Di Mis Nu Al-Utsmani Kajen

Farhana, Zidna (2025) Implementasi Contextual Teaching And Learning (Ctl) Melalui Kegiatan Manasik Haji Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas Vi Di Mis Nu Al-Utsmani Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321170_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321170_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2321170_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui kegiatan manasik haji dalam pembelajaran fiqih ibadah haji kelas VI di MIS NU Al-Utsmani Kajen. Metode pembelajaran konvesional yang masih berfokus pada hafalan menyebabkan siswa kesulitan memahami konsep abstrak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi pembelajaran CTL melalui kegiatan manasik haji? 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi CTL melalui kegiatan manasik haji? 3) apa saja elemen yang berperan dalam membentuk karakter dalam pembelajaran CTL melalui kegiatan manasik haji? Tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi pembelajaran CTL dalam kegiatan manasik haji, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya, serta mengeksplorasi elemen pembentuk karakter yang muncul dalam proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (file research) dengan pendekatan kualitatif deskripstif. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer diperoleh dari guru fiqih dan siswa kelas VI sedangkan sumber data sekunder yaitu penelitian yang relevan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber, teknik, waktu. sedangkan analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama implementasi pembelajaran CTL melalui kegiatan manasik haji terdiri dari tiga tahap utama yaitu 1) Perencanaan meliputi: sosialisasi kegiatan, pelatihan bersama, pembagian seragamisasi. 2) Pelaksanaan mempraktikkan rukun, wajib dan sunnah haji meliputi ihram, wukuf di Arofah, mabit di Muzdalifah, melempar jumrah, tahallul awal, tawaf, sa’i, tahallul akhir. Pada tahap ini terhadap penyederhanaan jumlah tawaf dan sa’i yang seharusnya tujuh kali menjadi tiga kali. 3) Evaluasi yang meliputi: observasi, tanya jawab, dan umpan balik. Kedua. Faktor pendukung diantaranya peran aktif siswa, bimbingan guru serta koordinasi yang baik sedangkan penghambat kurangnya perencanaan, metode konvesional, dan keterbatasan fasilitas. Ketiga, elemen yang berperan dalam pembentukan karakter diantaranya: keimanan, pengalaman, pembiasaan, pemahaman rasional, emosional, fungsional dan keteladanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayati, NunungUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Contextual Teaching and leraning (CTL), Manasik haji, Pembelajaran fiqih ibadah haji.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 20 Mar 2025 03:18
Last Modified: 20 Mar 2025 03:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12491

Actions (login required)

View Item View Item