Peran Guru Kelas Dalam Pembentukan Karakter Toleransi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Kajen Pekalongan

Mariyah, O’om (2025) Peran Guru Kelas Dalam Pembentukan Karakter Toleransi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321114_COver_Bab I dan Bab V.pdf

Download (322kB)
[img] Text
2321114_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Mariyah. O’om. 2025. Peran Guru Kelas Dalam Pembentukan Karakter Toleransi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Kajen Pekalongan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas dan Ilmu Keguruan UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dr. Muhammad Hufron, M.S.I Kata Kunci: Peran Guru Kelas, Karakter Toleransi Peran guru kelas di sekolah sangat penting dalam upaya pembentukan karakter toleransi. Dalam konteks ini, Pendidikan karakter adalah usaha sekolah yang di lakukan bersama antara guru dan siswa, melalui semua kegiatan untuk membentuk ahlak, watak melalui atau kepribadian peserta didik melalui berbagai kebaikan yang terdapat dalam ajaran agama. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana upaya guru kelas dalam membangun karakter siswa kelas V (2) Bagaimana Proses pembentukan karakter toleransi siswa kelas V (3) Bagaimana Peran guru kelas dalam pembentukan karakter siswa kelas. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari hasil yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan (1) Guru kelas menerapkan berbagai strategi untuk membentuk karakter siswa, termasuk melalui pembiasaan yang terstruktur, memberikan teladan, dan memperkuat nilai-nilai religius. Aktivitas seperti doa bersama, membaca surat-surat pendek, dan melaksanakan salat Dhuha berjamaah menjadi bagian dari rutinitas yang dirancang untuk menanamkan nilai religiusitas dalam diri siswa. (2) Proses pembentukan karakter toleransi siswa di kelas V dilakukan secara bertahap melalui berbagai kegiatan pembelajaran, baik di dalam maupun di luar kelas. (3) Guru kelas memiliki peran penting sebagai teladan, fasilitator, motivator, dan mediator. Sebagai teladan, guru menunjukkan sikap toleransi dalam kesehariannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHufron, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Kelas, Karakter Toleransi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 20 Mar 2025 06:32
Last Modified: 20 Mar 2025 06:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12499

Actions (login required)

View Item View Item