Perilaku pengusaha Batik Perada dalam etika bisnis islam studi kasus pada Batik Perada kota Pekalongan.

Agil, Muhammad (2019) Perilaku pengusaha Batik Perada dalam etika bisnis islam studi kasus pada Batik Perada kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pengusaha batik sutera perspektif etika bisnis Islam studi kasus pada batik perada Kota Pekalongan. Perilaku pengusaha batik yang kadang menghalalkan segala cara dalam berbisnis dalam mengejar keuntungan semata tanpa menghiraukan pihak lain. Batik Perada merupakan salah satu batik yang menjalankan bisnisnya dalam ketatnya persaingan perbatikan yang sudah berjalan beberapa tahun. Perilaku dalam pemasaran dan memperlakukan karyawan dan pembeli apakah melanggar atau tidak terhadap etika bisnis Islam . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Subyek dan informan dalam penelitian ini adalah pemilik batik Perada, karyawan dan pembeli, obyek penelitiannya adalah perilaku pengusaha batik. Sumber data berupa data primer dan data sekunder, data primer dikumpulkan dengan metode wawancara dan observasi, data sekunder menggunakan dokumentasi. Untuk mengecek kredibilitas informasi/data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk-bentuk perilaku pengusaha Batik Perada dalam menjalankan bisnis yaitu nilai Tauhid seperti menjalankan ibadah fardhu dan sunnah ketika dalam berbisnis, nilai keseimbangan seperti membantu dan memberi santunan terhadap janda dan menyeimbangkan antara bisnis dan kegiatan sosial, nilai berkehendak seperti menjaga bisnis dan bersaing sehat, nilai tanggung jawab yaitu menyelesaikan pemesanan batik sesuai pesanan dan tidak curang, dan nilai kebajikan (ihsan) seperti memberikan nasehat dan pelayanan terhadap mitra bisnis. Penerapan prinsip etika bisnis Rosulullah telah diterapkan Batik Perada dalam menjalankan bisnisnya, antara lain kejujuran dalam segala hal tentang usahanya, signifikansi sosial dengan tidak mencari keuntungan semata, tidak melakukan sumpah palsu dalam memasarkan produk batik, tidak menjelekkan produk orang lain dan menghindari praktek monopoli dalam persaingan bisnis sesama batik, dan tidak meninggalkan kegiatan ibadah kepada Allah SWT disaat bisnis sedang berlangsung ramai penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, NalimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Pengusaha Batik, dan Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 28 Apr 2020 05:50
Last Modified: 04 May 2020 04:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/125

Actions (login required)

View Item View Item