Mauludiyana, Laela (2025) Bentuk Bullying Serta Upaya Pencegahanya Di Kelas Iv Sdit Insan Mulia Kajen Dan SDN 01 Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321040_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2321040_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2321040_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Salah satu hak yang wajib didapatkan siswa di sekolah adalah merasa aman dan terlindungi serta bebas dari rasa takut. Faktanya permasalahan tindak kekerasan justru paling banyak dijumpai di kalangan anak-anak. Salah satu tempat yang paling banyak terjadi perilaku kekerasan atau bullying berada di lingkungan sekolah. Namun, setiap sekolah memiliki tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang aman. Salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh sekolah adalah dengan melakukan upaya pencegahan sebelum terjadinya tindak kasus bullying. Rumusan masalah yang diangkat adalah: 1) Apa saja bentuk perilaku bullying di kelas IV SDIT Insan Mulia Kajen dan SDN 01 Kajen. 2) Bagaimana upaya masing-masing sekolah dalam melakukan pencegahan perilaku bullying di Kelas IV SDIT Insan Mulia Kajen dan SDN 01 Kajen. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan apa saja bentuk perilaku bullying yang ada di kelas IV SDIT Insan Mulia Kajen dan SDN 01 Kajen, serta untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan kedua sekolah tersebut dalam melakukan pencegahan perilaku bullying di kelas IV SDIT Insan Mulia Kajen dan SDN 01 Kajen. Dalam penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian lapangan (field research), dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan guru, siswa kelas IV dan perwakilan orang tua siswa, serta observasi di kelas IV SDIT Insan Mulia Kajen dan SDN 01 Kajen. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi terkait bentuk bullying dan upaya pencegahan yang dilakukan sekolah. Keabsahan data diuji melalui triangulasi teknik, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk menarik kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti menemukan 4 bentuk bullying yang terjadi di kelas IV SDIT Insan Mulia Kajen dan SDN 01 Kajen, yaitu fisik, verbal, relasional, dan mental, sementara cyberbullying tidak ditemukan di kedua sekolah tersebut. Kedua sekolah tersebut menerapkan upaya pencegahan yang hampir sama, seperti adanya kebijakan sekolah, pelatihan/pendidikan bagi siswa dan guru, upaya menciptakan lingkungan yang positif, melibatkan partisipasi orang tua, serta melibatkan siswa dalam upaya pencegahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bentuk Bullying, Upaya Pencegahan, Sekolah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2025 02:44 | ||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2025 02:44 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |