Syafira, Tasya Nadiya (2025) Peran Pendidik dalam Mencegah Bullying dengan Membina Healthy Relationship di Pondok Pesantren Terpdu Nurul Falah Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121168_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text
2121168_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
Abstract
Healthy relationship atau hubungan yang sehat merupakan salah satu kunci dalam menciptakan lingkungan yang aman dan harmonis, terutama di lingkungan pendidikan seperti pondok pesantren. Hubungan ini ditandai dengan adanya rasa saling menghormati, kepedulian, dan dukungan antarindividu, sehingga mampu mendorong perkembangan emosional dan sosial yang positif. Dalam pondok pesantren, pembentukan hubungan yang sehat menjadi sangat penting untuk mencegah dan mengatasi perilaku bullying yang sering kali terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidik dalam membina healthy relationship di Pondok Pesantren Terpadu Nurul Falah Kedungwuni sebagai upaya untuk menangani kasus bullying. Rumusan penelitian dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran pendidik dalam mencegah bullying dengan membina healthy relationship di Pondok Pesantren Terpadu Nurul Falah Kedungwuni?; (2) Bagaimana hambatan dan solusi pendidik dalam mencegah bullying dengan membina healthy relationship di Pondok Pesantren Terpadu Nurul Falah Kedungwuni?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peran pendidik dalam mencegah bullying dengan membina healthy relationship di Pondok Pesantren Terpadu Nurul Falah Kedungwuni; (2) Untuk mengetahui hambatan dan solusi pendidik dalam mencegah bullying dengan membina healthy relationship di Pondok Pesantren Terpadu Nurul Falah Kedungwuni. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research, di mana peneliti langsung turun kelapangan untuk mengetahui fenomena yang terjadi, peneliti mengamati peran pendidik dalam mencegah bullying dengan membina healthy relationship di Pondok Pesantren Terpadu Nurul Falah Kedungwuni. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran pendidik dalam mencegah bullying dengan membina healthy relationship di Pondok Pesantren Terpadu Nurul Falah Kedungwuni diantaranya (a) mengedukasi terkait pencegahan dan penanganan bullying, (b) menegakkan keadilan, (c) menjadi teladan, (d) memfasilitasi komunikasi, (e) mengembangkan hubungan positif; (2) Hambatan dan solusi pendidik dalam mencegah bullying dengan membina healthy relationship di Pondok Pesantren Terpadu Nurul Falah Kedungwuni yaitu (a) karakteristik santri yang beragam diatasi dengan memahami latar belakang santri, (b) keterbatasan sumber daya diatasi dengan melibatkan kerja sama santri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidik, Bullying, Healthy Relationship. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 27 May 2025 07:41 | ||||||||
Last Modified: | 27 May 2025 07:41 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12514 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |