Implementasi Pembiasaan Membaca Sholawat Busyro Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa MII Banyurip Ageng 02 Kota Pekalongan

Maulida, Ida Khikmatul (2024) Implementasi Pembiasaan Membaca Sholawat Busyro Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa MII Banyurip Ageng 02 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321098_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321098_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2321098_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, karakter religius siswa semakin berkurang. Dampaknya siswa akan cenderung melakukan pelanggaran, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Maka solusinya dengan pendidikan karakter religius. MII Banyurip Ageng 02 menerapkan pembiasaan membaca Sholawat Busyro karena termasuk pembiasaan yang baik untuk menumbuhkan karakter religius siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembiasaan membaca Sholawat Busyro serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dari implementasi pembiasaan membaca Sholawat Busyro dalam menumbuhkan karakter religius siswa MII Banyurip Ageng 02 Kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pembiasaan membaca Sholawat Busyro serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari implementasi pembiasaan membaca Sholawat Busyro dalam menumbuhkan karakter religius siswa MII Banyurip Ageng 02 Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan datanya dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembiasaan membaca Sholawat Busyro di MII Banyurip Ageng 02 ini diimplementasikan dengan metode pembiasaan dalam bentuk rutin, spontan dan keteladanan. Implementasi pembiasaan ini juga dilakukan dengan langkah-langkah berupa melatih hingga benar-benar paham dan bisa melakukan tanpa kesulitan, mengingatkan anak yang lupa melakukan, apresiasi pada masing-masing anak secara pribadi, dan hindarkan mencela pada anak. Selain itu pembiasaan tersebut terwujud dalam beberapa indikator yaitu mengucapkan salam, berdoa sebelum dan sesudah belajar, melaksanakan ibadah keagamaan, dan merayakan hari besar keagamaan. Pembiasaan ini juga memberikan dampak positif pada karakter religius siswa seperti tawadhu, sopan dan santun. Adapun faktor pendukung pembiasaan tersebut yaitu: ketegasan guru, diikuti oleh semua siswa, lingkungan yang aman, dan pembiasaan menjadi kegiatan yang wajib terlaksana di madrasah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: siswa tidak hafal Sholawat Busyro, siswa malas melafalkan Sholawat Busyro, keterbatasan waktu, dan pelafalan yang masih salah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrayogi, ArdityaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan, Sholawat Busyro, Karakter Religius
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 20 Mar 2025 03:51
Last Modified: 20 Mar 2025 03:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12527

Actions (login required)

View Item View Item