Vitara, Dewi Loista (2025) Pengembangan media evaluasi pembelajaran bahasa arab berbasis game educandy di kelas xi SMK Ma'arif Nu Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2221073_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text
2221073_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perkembangan teknologi di masa sekarang semakin cangih yang dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Selain itu ditemukan kendala yang dialami oleh guru SMK MA’ARIF NU Tirto Pekalongan. Adapun kendala yang dialami oleh guru yaitu dari latar belakang siswa karena banyak siswa SMK ini yang berasal dari lulusan sekolah umum, para siswa yang kebanyakan dari lulusan sekolah umum itu belum pernah mengikuti Pendidikan diniyah sehingga dengan basic yang sangat minim belum bisa mengenal tulisan Arab. Maka dari itu perlunya inovasi baru yaitu dengan menggunakan media evaluasi pembelajaran berbasis game. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan media evaluasi pembelajaran bahasa Arab berbasis game educandy di kelas XI SMK MA’ARIF NU Tirto Pekalongan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pengembangan media evaluasi pembelajaran berbasis game educandy untuk pembelajaran bahasa Arab di kelas X SMK Ma’arif Nu Tirto Pekalongan? (2) Bagaimana hasil validitas dan kelayakan dari media evaluasi pembelajaran berbasis game educandy untuk pembelajaran bahasa Arab di X SMK Ma’arif Nu Tirto Pekalongan?. Penelitian ini merupakan penelitian penggembangan (research and development). Dengan model penggembangan ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, tes, wawancara, obsevasi, Adapun teknik analisis pengumpulan data dengan menggunakan, analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji validitas media pembelajaran berbasis game educandy dengan materi “ حیاةالیومیة) “1 (Ahli media menunjukan hasil nilai sebanyak 95% yang termasuk kategori “sangat valid” (2) Ahli materi menunjukan 87% yang termasuk kategori “sangat valid” (3) siswa kelas XI DPB 1 di SMK MA’ARIF NU Tirto dengan uji N-gain mengatakan nilai rata-rata sebesar 96 sesuai kriteria N-gain menunjukan nilai keefektifan tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini dinyatakan bahwa media pembelajaran berbasis game educandy dengan materi “حیاةالیومیة “layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | educandy, media pembelajaran, research and development | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2025 06:00 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jun 2025 06:06 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |