Istikomah, Istikomah (2025) Implementasi Metode Snowball Throwing untuk Melatih Kemampuan Mengutarakan Pendapat Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia MI Al Muttaqin Kutosari Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2318214_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (976kB) |
![]() |
Text
2318214_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2318214_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan mengutarakan pendapat siswa kelas V di MI Al Muttaqin Kutosari masih rendah akibat metode pembelajaran konvensional dan kurangnya rasa percaya diri. Snowball Throwing, sebagai metode kooperatif, melatih siswa berani mengutarakan pendapatnyamelalui aktivitas pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini amengkaji implementasi metode Snowball Throwing dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam mengutarakan pendapatnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana implementasi metode pembelajaran Snowball Throwing untuk melatih kemampuan mengutarakan pendapat pada mata pelajaran bahasa Indonesia ?, 2) Apa saja faktor penghambat dalam implementasinya?, dan 3) Bagaimana solusi terhadap hambatan dari implementasi metode pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas V MI Al Muttaqin Kutosari?. Sementara, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran Snowball Throwing dalam melatih kemampuan mengutarakan pendapat, menganalisis faktor penghambat, dan menganalisis solusi terhadap hambatan dalam implementasi metode Snowball Throwing di kelas V pada mata pelajaran bahasa indonesia MI Al Muttaqin Kutosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data yang diperoleh melalui wawancara dengan kepala madrasah, guru kelas V dan perwakilan siswa kelas V di MI Al Muttaqin Kutosari, observasi dikelas V, dan dokumentasi dari artikel ilmiah yang relevan. Keabsahan data melalui teknik triangulasi data (wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas V, dan perwakilan siswa kelas V) dan triangulasi metode (wawancara, observasi, dan dokumentasi). Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk menarik kesimpulan akhir. Penelitian ini menghasilkan: 1) Implementasi metode Snowball Throwing dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Al Muttaqin Kutosari mampu melatih kemampuan mengutarakan pendapat siswa melalui enam tahap yaitu (1) Penyampaian materi, (2) Pembentukan kelompok, (3) Penulisan pertanyaan oleh anggota kelompok, (4) Pembuatan bola kertas berisi pertanyaan, (5) Kesiapan siswa dalam menjawab pertanyaan dan aktivitas melempar bola, dan (6) Penyampaian kesimpulan dan penutup, yang secara bertahap meningkatkan partisipasi dan kepercayaan diri siswa; 2) Hambatan dalam penerapan metode ini meliputi ketergantungan pada pemahaman materi siswa, waktu pelaksanaan yang lama, kurangnya motivasi tanpa adanya kuis atau penghargaan, serta banyaknya sampah kertas bekas; dan 3) Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut mencakup pemberian penjelasan tambahan sebelum penerapan metode, pengelolaan waktu yang lebih efisien, penerapan sistem penghargaan untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa, serta mendaur ulang sampah kertas bekas yang sudah dipakai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Snowball Throwing, Kemampuan Berbicara | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2025 06:00 | ||||||||
Last Modified: | 20 Mar 2025 06:00 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |