Mandalin, Mita Melati Retno (2025) Pengaruh Literasi Halal, Label Halal, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal Melalui Religiusitas Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Generasi Z di Pekalongan). Masters thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
50423008_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
50423008_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
50423008_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
Abstract
Memahami suatu produk tertentu yang akan dikonsumsi dikenal dengan istilah literasi halal. Seorang muslim harus memperhatikan konsumsi produk halal, selain memilih barang yang berlabel halal, khususnya bagi muslim Gen-Z yang gemar dengan hiburan dan budaya Barat. Baru-baru ini banyak kosmetik yang beredar yang ditemukan oleh BPOM yang illegal dan ternyata mengandung bahan berbahaya. Berdasarkan hasil pra penelitian pada generasi Z di Pekalongan, sebesar 73,3% dari 15 orang, lebih memilih menggunakan produk kosmetik berlabel halal. Rumusan masalah penelitian ini: Apakah literasi halal, label halal, brand image sacara parsial berpengaruh terhadap religiusitas?, Apakah literasi halal, label halal, brand image, dan religiusitas sacara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik halal?, Apakah religiusitas mempengaruhi literasi halal, label halal, brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik halal secara masing-masing?. Tujuan penelitian ini: menguji dan menganalisis literasi halal, label halal, brand image sacara parsial terhadap religiusitas, menguji dan menganalisis literasi halal, label halal, brand image sacara parsial terhadap keputusan pembelian kosmetik halal, menguji dan menganalisis literasi halal, label halal, brand image sacara parsial melalui religisitas terhadap keputusan pembelian kosmetik halal. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode field research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keputusan untuk membeli produk kosmetik halal bagi gen Z Pekalongan dipengaruhi oleh literasi halal, label halal, dan brand image. Tetapi keputusan untuk membeli produk kosmetik halal bagi gen Z Pekalongan tidak dipengaruhi oleh religiusitas. Hal ini disebabkan beberapa gen Z Pekalongan tidak memahami sepenuhnya tentang konsep halal, mereka tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai apa yang membuat suatu produk halal atau tidak, maka religius mereka tidak mempengaruhi keputusan pembelian. Sedangkan literasi halal, label halal, dan brand image yang diperkuat oleh religiusitas dapat mempengaruhi keputusan pembelian, karena pemahaman yang baik mengenai prinsip-prinsip halal dapat meningkatkan kesadaran konsumen tentang pentingnya memilih produk yang sesuai dengan ajaran agama, serta mendorong mereka untuk secara aktif mencari dan memilih produk halal yang sejalan dengan nilai-nilai keagamaan yang dianut. Saran untuk peneliti selanjutnya bisa menambah berbagai variabel independen lain seperti kualitas produk, consumer riview dan lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Halal Literacy, Halal Labels, Brand Image, Halal Cosmetic Purchase Decisions, Religiosity. | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ekonomi Syariah | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2025 06:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Mar 2025 07:59 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12563 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |