Problematika pembelajaran maharah qira’ah dalam buku ajar kurikulum 2013 di Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah 04 Bandengan Kota Pekalongan

Hayati, Shofiyatul (2017) Problematika pembelajaran maharah qira’ah dalam buku ajar kurikulum 2013 di Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah 04 Bandengan Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Proses belajar mengajar bahasa Arab pada siswa kelas IV di Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah 04 Bandengan Kota Pekalongan banyak mengalami kendala atau problematika dalam pelaksanaannya. Problematika yang dihadapi adalah siswa kelas IV kesulitan mengenali bentuk atau tulisan huruf arab serta kesulitan dalam menggunakan buku ajar bahasa Arab kurikulum 2013. Oleh karena itu penulis sangat tertarik untuk mengadakan penelitian tentang Problematika Pembelajaran Maharah Qira’ah dalam buku ajar Bahasa Arab Kurikulum 2013 pada siswa kelas IV Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah 04 Bandengan Kota Pekalongan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses pembelajaran maharah qira’ah dalam buku ajar bahasa Arab kurikulum 2013 pada siswa kelas IV di Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah 04 Bandengan Kota Pekalongan, apa problematika pembelajaran maharah qira’ah dan bagaimana upaya mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Jenis penelitian ini adalah adalah lapangan ( field research).Metode pengumpulan dara penelitian ini adalah :metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan analisis data kualitatif, dengan menggunakan model analisis deskrptif dan menggunakan pola berfikir induktif. Hasil penelitian ini menunjukan problematika pembelajaran maharah qira’ah dalam buku ajar bahasa Arab yang terdapat dua kategori, yaitu problem linguistik dan problem non linguistik. Problem linguistik sendiri adalah tentang kurangnya siswa dalam mengenali tulisan arab, dan kesulitan tata bunyi bahasa Arab . Sedangkan untuk problem nonlinguistik sendiri adalah adanya pendidikan siswa yang berlatar belakang TPQ , buku ajar bahasa Arab kurikulum 2013 dan kurang senangnya siswa saat mengikuti pelajaran bahasa Arab. Adapun solusi atau upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problematika tersebut, diantaranya : Guru memerintahkan siswa maju satu persatu untuk membaca materi tentang teks bacaan yang dipelajari hal ini untuk menilai seberapa jauh kelancaraan siswa dalam membaca, Guru menggunakan kartu mufrodat sebagai media dalam pembelajaran untuk mengenalkan berberapa kosa kata yang ada dalam bacaan qira’ah sebelum memulai materi yang akan diajarkan. Selain menggunakan kartu mufrodat guru juga menuliskan beberapa mufrodat di papan tulis yang berkaitan dengan materi pembelajaran qira’ah yang kemudian diartikan secara bersama-sama. Setiap di akhir pembelajaran guru memberikan evaluasi latihan- latihan soal, agar dapat mengetahui seberapa jauh kemampuan siswa dalam pembelajaran maharah qira’ah yang diajarkannya. Dan Guru selalu memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam belajar bahasa Arab dan guru selalu menggunakan media yang menarik agar dalam suatu pembelajaran tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyar, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Maharah Qira’ah , Kurikulum 2013
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Alghiffary
Date Deposited: 09 Mar 2021 05:50
Last Modified: 09 Mar 2021 05:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1264

Actions (login required)

View Item View Item