Nisa, Isna Zahrotun (2025) Implementasi Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Membaca Asma’ul Husna Dan Dzikir Pagi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas 2 Di Mi Darul Ulum Kauman Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321078_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2321078_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2321078_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan adalah usaha yang dilakukan dengan sengaja dan terencana untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan mendukung, pendidikan islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik. Salah satu upaya yang dilakukan oleh lembaga pendidikan dalam meningkatkan nilai spiritual dan motivasi belajar siswa adalah melalui kegiatan membaca Asmaul Husna dan dzikir pagi. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman sejak dini, sehingga siswa dapat memiliki kecintaan terhadap Allah SWT serta semangat belajar yang lebih tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi implementasi pendidikan Islam melalui kegiatan membaca Asmaul Husna dan dzikir pagi untuk meningkatkan motivasi belajar kelas 2 di MI Darul Ulum Kauman Batang, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kegiatan membaca Asmaul Husna dan dzikir pagi diterapkan di MI Darul Ulum Kauman Batang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas 2, dan siswa kelas 2 di MI Darul Ulum Kauman Batang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan kegiatan membaca Asmaul Husna dan dzikir pagi di MI Darul Ulum Kauman Batang dilakukan secara rutin setiap pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh petugas yang ditentukan, dilanjutkan dengan pembacaan Asmaul Husna secara bersama-sama yang dipandu oleh petugas, kemudian dzikir pagi bersama, dan diakhiri dengan doa. Setelah kegiatan selesai, siswa bersalaman dengan guru-guru sebelum masuk kelas. 2) Faktor pendukung pelaksanaan kegiatan ini meliputi dukungan penuh dari pihak sekolah, keterlibatan aktif wali kelas dalam membimbing siswa, serta antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan. Adapun faktor penghambatnya antara lain kesiapan siswa yang terkadang kurang optimal dan adanya gangguan eksternal seperti keterlambatan siswa datang ke sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam, Asma’ul Husna, Dzikir Pagi, Motivasi Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2025 08:27 | ||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2025 15:06 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12659 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |