Peran guru dalam mengembangkan keterampilan jurnalistik pada peserta didik kelas atas di Sekolah Dasar Negeri Podosugih 01 Pekalongan

Sa’diyah, Dewi Khasinatus (2025) Peran guru dalam mengembangkan keterampilan jurnalistik pada peserta didik kelas atas di Sekolah Dasar Negeri Podosugih 01 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321029_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321029_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2321029_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik di SDN Podosugih 01 mampu menciptakan suatu karya yang dapat dinikmati oleh semua orang. Oleh karenanya, sekolah sangat mendukung penuh untuk mengadakan kegiatan jurnalistik sehingga perlu adanya peran guru dalam mengembangkan keterampilan jurnalistik untuk peserta didik kelas atas di SDN Podosugih 01 Pekalongan. Terdapat beberapa peran diantaranya peran guru dalam konstruktivitsik, manajemen kelas, humanistik, interaksi sosial, dan supervisi. Dengan adanya kelima peran tersebut menjadikan peserta didik dengan mudahnya untuk mengembangkan keterampilan jurnlistik sehingga dapat menghasilkan literasi sehingga dapat meningkatkan literasi di SDN Podosugih 01 Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru dalam mengembangkan keterampilan jurnalistik pada peserta didik kelas atas di SDN Podosugih 01 Pekalongan? (2) Apa saja keterampilan jurnalistik yang berkembang pada peserta didik kelas atas di SDN 01 Podosugih Pekalongan? Rumusan masalah ini memiliki tujuan penelitian untuk mengungkap informasi mengenai peran guru dalam mengembangkan potensi keterampilan jurnalistik peserta didik kelas IV - VI di SDN Podosugih 01 Pekalongan, dan Untuk menyebutkan keterampilan jurnalistik yang telah dikembangkan oleh peserta didik kelas atas di SDN 01 Podosugih Pekalongan. Penelitian lapangan (field research) ini menggunakan metode pendakatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan data primer dari SDN Podosugih 01 Pekalongan dan data sekunder berupa referensi dari jurnal dan buku. Kemudian penelitian ini teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari peran yang dilakukan guru untuk mengembangkan keterampilan jurnalistik ini memerlukan guru sebagai peran konstruktivistik (pembina peserta didik), peran sebagai pengelola kelas, peran sebagai humanistik (memberi dukungan selama kegiatan berlangsung), peran sebagai interaksi sosial selama diskusi atau berkolaborasi berbagi ide, dan sudah menjadi tugas bagi seorang guru untuk memiliki peran sebagai supervisi. Adapun keterampilan dari jurnalistik yang dihasilkan oleh peserta didik adalah berupa literasi yang diantaranya: literasi menulis, membaca, dan media digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukhlis, Abdul199110062019031012UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Keterampilan Jurnalistik, Peserta Didik Sekolah Dasar.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Mar 2025 03:16
Last Modified: 22 Mar 2025 03:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12688

Actions (login required)

View Item View Item