Problematika maharah kitabah dalam pembelajaran bahasa Arab di MIS Raudlatut Tholibin Desa Bulakan Kab. Pemalang

munafis, Ahmad (2017) Problematika maharah kitabah dalam pembelajaran bahasa Arab di MIS Raudlatut Tholibin Desa Bulakan Kab. Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Maksud dari judul ini adalah adanya permasalahan-permasalahan pembelajaran maharah al-kitabah dalam bahasa Arab yang terjadi pada siswa kelas IV di MIS Raudlatut Tholibin Desa Bulakan Kabupaten pemalang tahun ajaran 2016-2017. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja problem yang dialami siswa kelas IV dalam belajar maharah al-kitabah dalam pembelajaran bahasa Arab, serta upaya apa saja yang dilakukan guru dalam mengatasi problematika maharah al-kitabah dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MIS Raudlatut Tholibin Desa Bulakan Kabupaten Pemalang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk penyajian sumber datanya ada dua sumber data yaitu sumber primer dan sumber skunder, sumber primer adalah guru bahasa Arab kelas IV dan siswa kelas IV MI Raudlatut Tholibin sedangkan sumber skundernya adalah berupa dokumen-dokumen yang meliputi, daftar nilai siswa, profil sekolah, dan catatan hasil wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah problematika maharah al-kitabah dalam pembelajaran bahasa Arab dikelas IV dapat diketahui dari dua segi problematika linguistik dan problematika dari segi non linguistk. Dari segi linguistik siswa mengalami kesulitan dalam membedakan bunyi huruf hijaiyah yang bunyi makhrojnya hampir sama, siswa sulit dalam menyambung huruf, dan siswa sulit dalam mengharokatinya, kesulitan-kesulitan ini terjadi saat guru menggunakan drill yaitu memberi latihan-latihan kepada siswa menulis dipapan tulis siswa menyalinnya dibuku tulis mereka masing-masing ternyata siswa belum bisa menulis dengan rapi dan indah, tulisan mereka masih sulit dibaca. Dari segi non linguistik problematika maharah al-kitabah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas IV adalah meliputi problem fisiologi yakni terkait dengan keadaan fisik, termasuk kelelahan dan kurang gairah. Selanjutnya adalah problem psikologi yaitu meliputi bakat, kecerdasan, dan motivasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhan, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: problematika, ketrampilan menulis, pembelajaran, dan bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Alghiffary
Date Deposited: 09 Mar 2021 05:52
Last Modified: 09 Mar 2021 05:52
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1270

Actions (login required)

View Item View Item