Efektivitas Aplikasi Solar System Scope Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas 6 Di Sekolah Dasar Negeri Yosorejo 02 Pekalongan

Rosyada, Nadisa Milladunka. (2025) Efektivitas Aplikasi Solar System Scope Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas 6 Di Sekolah Dasar Negeri Yosorejo 02 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321183_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (762kB)
[img] Text
2321183_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19 LAMPIRAN(2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Rosyada, Nadisa Milladunka. 2025. “Efektivitas Aplikasi Solar System Scope Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas 6 Di Sekolah Dasar Negeri Yosorejo 02 Pekalongan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : Putri Rahadian Dyah Kusumawati, M.Pd. Kata Kunci: Aplikasi Solar System Scope, Meningkatkan Pemahaman Siswa, Pembelajaran IPAS. IPAS untuk kelas 6 khususnya topik tentang tata surya masih bersifat teoritis dan abstrak bagi siswa. Dengan adanya aplikasi Solar System Scope dapat membantu siswa dalam melihat virtualisasi planet dan meningkatkan pemahaman siswa melalui penjelasan secara mendetail. Aplikasi Solar System Scope meningkatkan pemahaman siswa saat mereka mendalami studi pembelajaran IPAS. Berdasarkan wawancara yang peneliti lakukan di Sekolah Dasar Negeri Yosorejo 02 Pekalongan, diketahui bahwa aplikasi Solar System Scope belum digunakan pada pembelajaran IPAS kelas 6 di Sekolah Dasar Negeri Yosorejo 02 Pekalongan. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan eksplorasi lebih mendalam mengenai aplikasi Solar System Scope. Adapun materi yang akan peneliti ambil nanti adalah materi “menjelajahi bumi dan antariksa” yang merupakan pembelajaran ke-5 topik C di semester genap. Penelitian ini dilaksanakan pada pertengahan semester gasal tahun pelajaran 2024/2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi Solar System Scope dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran IPAS di kelas 6 SD Negeri Yosorejo 02 Pekalongan. Untuk mengetahui keefektifan dalam pemahaman siswa sebelum dan sesudah mereka menggunakan aplikasi Solar System Scope di kelas 6 Sekolah Dasar Negeri Yosorejo 02 Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tertulis, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu t-test, uji validitas, dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil uji t-test ini memperoleh nilai sebesar 1.706 > 0.05 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Sedangkan paired samples test sig <0.001 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha dapat diterima. Dalam hasil ini dapat diartikan bahwa aplikasi Solar System Scope telah terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar IPAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDyah Kusumawati, Putri RahadianUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Solar System Scope, Meningkatkan Pemahaman Siswa, Pembelajaran IPAS.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Mar 2025 03:01
Last Modified: 22 Mar 2025 03:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12724

Actions (login required)

View Item View Item