Penerapan metode pembiasaan membaca yasin tahlil dalam pembentukan karakter religius di MIS Kuripan Lor Pekalongan

Rahmawati, Putri (2025) Penerapan metode pembiasaan membaca yasin tahlil dalam pembentukan karakter religius di MIS Kuripan Lor Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321097_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (498kB)
[img] Text
2321097_Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20 LAMPIRAN(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembentukan karakter religius merupakan salah satu tujuan utama dalam pendidikan Islam, khususnya di tingkat sekolah dasar. Karakter religius mencakup nilai-nilai moral dan spiritual yang harus ditanamkan secara konsisten melalui berbagai metode pendidikan. Salah satu pendekatan yang digunakan adalah metode pembiasaan, yang dalam penelitian ini difokuskan pada pembiasaan membaca Yasin dan Tahlil di MIS Kuripan Lor Pekalongan. Namun, efektivitas penerapan metode ini dalam membentuk karakter religius siswa masih perlu diteliti lebih lanjut. Oleh karena itu, penelitian ini mengangkat beberapa rumusan masalah utama: (1) Bagaimana penerapan metode pembiasaan membaca Yasin dan Tahlil di MIS Kuripan Lor Pekalongan? (2) Bagaimana cara penanaman karakter religius terhadap pembiasaan ini? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode pembiasaan ini? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan metode pembiasaan membaca Yasin dan Tahlil di MIS Kuripan Lor Pekalongan, (2) Menganalisis penanaman karakter religius terhadap pembiasaan membaca Yasin dan Tahlil, dan (3) Mengidentifikasi faktor pendukung serta hambatan dalam penerapan metode pembiasaan membaca Yasin dan Tahlil. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, serta verifikasi untuk mendapatkan kesimpulan yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode pembiasaan membaca Yasin dan Tahlil telah diterapkan secara rutin di MIS Kuripan Lor Pekalongan dan (2) Penanaman karakter religius mampu mengembangkan nilai- nilai positif seperti kejujuran, kedisiplinan, dan tanggung jawab pada siswa. Siswa menjadi lebih disiplin, memiliki kesadaran beribadah yang lebih baik, serta menunjukkan sikap religius dalam kehidupan sehari-hari. (3) Faktor pendukung dalam penerapan metode ini antara lain dukungan dari guru dan orang tua serta ketersediaan sarana yang memadai. Namun, masih terdapat hambatan seperti kurangnya kesadaran siswa dalam mengikuti kegiatan secara khusyuk dan kendala eksternal seperti kondisi lingkungan dan cuaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRif’iyati, DianUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembiasaan, Membaca Yasin dan Tahlil, Karakter Religius, Pendidikan Islam.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 24 Mar 2025 01:27
Last Modified: 08 May 2025 02:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12744

Actions (login required)

View Item View Item