Pengembangan pop up book sebagai media pembelajaran keterampilan bercerita untuk siswa kelas IV di SD Negeri Rowolaku Kajen Kabupaten Pekalongan

Islakhulia, Maylinda (2025) Pengembangan pop up book sebagai media pembelajaran keterampilan bercerita untuk siswa kelas IV di SD Negeri Rowolaku Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321023_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (383kB)
[img] Text
2321023_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
20 LAMPIRAN(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan adanya masalah yang mendasari tentang pengembangan pembelajaran menggunakan media visual pada peserta didik. Beberapa kesulitan yang dihadapi guru dalam menyampaikan materi terutama pembelajaran bercerita kurangnya minat siswa dalam bercerita disebabkan hanya menggunakan buku cetak yang disediakan di sekolah sebagai media untuk belajar. Sehingga peserta didik belum memahami konsep materi pembelajaran, sebagian besar peserta didik tidak terlibat aktif, dan kurang antusias untuk belajar. SD Negeri Rowolaku Kajen Kabupaten Pekalongan menghadapi permasalahan yang sama, sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji masalah untuk mengembangan pop up book sebagai media pembelajaran keterampilan bercerita untuk siswa kelas IV SD Negeri Rowolaku Kajen Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses desain pop up book sebagai media pembelajaran keterampilan bercerita untuk siswa kelas IV di SD Negeri Rowolaku Kajen Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui implementasi pop up book sebagai media pembelajaran, serta untuk mengetahui kelayakan pop up book berdasarkan penilaian respon peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (RnD) dengan menggunakan prosedur pengembangan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kebutuhan, analisis data angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian pengembangan media pop up book sebagai materi bercerita kelas IV SD Negeri Rowolaku Kajen menunjukkan: 1) Media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan hasil penilaian yang sangat baik digunakan. 2) Berdasarkan hasil dari ahli media menunjukkan tingkat keidealan sebesar 80%, sementara ahli materi memberikan skor keidealan sebesar 93,3% dan rata-rata skor respon peserta didik adalah 4.57 dari 5 dengan tingkat keidealan mencapai 91.545%. 3) Hasil kelayakan produk memperoleh 91,545%. Media ini tidak hanya efektif dalam meningkatkan pemagaman peserta didik tetapi juga disukai dengan desainnya yang menarik dan interaktif. Jadi media pop up book pembelajaran tentang “cerita malin kundang” sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukhlis, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Pop up book, Bahasa Indonesia, Keterampilan Bercerita.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 24 Mar 2025 01:22
Last Modified: 24 Mar 2025 01:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12747

Actions (login required)

View Item View Item