Implementasi metode fonetik dalam meningkatkan ketrampilan membaca di Madrasah Diniyah Syafi’iyah Kebonsari Kabupaten Pekalongan

Istiaroh, Istiaroh (2017) Implementasi metode fonetik dalam meningkatkan ketrampilan membaca di Madrasah Diniyah Syafi’iyah Kebonsari Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Membaca merupakan ketrampilan pokok dalam pembelajaran bahasa disamping ketrampilan yang lain seperti mendengar, berbicara, dan menulis. Dengan membaca, siswa akan dapat menambah ilmunya. Pembelajaran bahasa Arab di MDS Kebonsari Kabupten Pekalongan sangat menekankan pada ke empat kemahiran bahasa Arab salah satunya adalah ketrampilan membaca. Madrasah Diniyah Syafi’iyah merupakan madrasah satu-satunya di desa Kebonsari yang mengajarkan mata pelajaran bahasa Arab dengan tujuan agar siswa mampu membaca teks bahasa Arab dengan benar,jelas dan fasih, dengan upaya menerapkan metode fonetik pada pembelajaran ketraampilan membaca. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implememntasi metode fonetik dalam meningkatkan ketrampilan mambaca di Mdarasah Diniyah syafi’iyah Kebonsari Kabupaten Pekalongan. Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi metode fonetik dalam meningkatkan ketrampilan membaca di Madrasah Diniyah Syafi’iyah Kebonsari Kabupaten Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengikuti mata pelajaran bahasa Arab danunntuk mengetahui bagaimana implementasi metode fonetik dalam meningkatkan ketrampilan membaca kosakata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah lapangan ( field research). Metode pengumpulan data penelitian ini adalah : metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode fonetik dalam meningkatkan ketrampilan membaca di Madrasah Diniyah Syafi’iyah Kebonsari Kabupaten Pekalongan meliputi siswa mampu membaca teks bahasa Arab dengan benar, dan fasih, serta siswa dapat memngucapkan huruf bahasa arab dengan jelas dan fasih. Berikut ini merupakan Implementasi metode fonetik dalam meningkatan ketrampilan siswa membaca kosakata di Madrasah Diniyah Syafi’iyah Kebonsari Kabupaten Pekalongan khususnya dikelas I, Guru menuliskan pelajaran dipapan tulis dan siswa menyalinnya dibuku tulis masing-masing. Guru membacakan materi sedikit demi sedikit dan siswa menirukannya. Metode yang digunakan dalam pembelajaran ketrampilan siswa membaca kosakata yaitu dengan metode fonetik, teknik yang digunakan ialah dengan membaca nyaring, yakni dengan guru membaca materi sedikit demi sedikit dengan suara yang keras kemudian siswa menirukannya. Media pembelajaran hanya menggunakan papan tulis serta peragaan guru, sumber pembelajaran ketrampilan membaca adalah buku Qira’ah Taujihiyah yang disusun oleh Al-Ustadz H. Usfuri Abd. Rahman Al-Ma’hadi.Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode fonetik untuk meningkatkan ketrampilan siswa membaca kosakata yaitu faktor pendukung diantaranya adalah minat dan kemauan siswa serta keaktifan siswa, faktor penghambat diantaranya latar belakang siswa, media yang kurang memadai, dan keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUla, MiftahuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Fonetik, Ketrampilan Membaca
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Alghiffary
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:40
Last Modified: 03 Jun 2021 03:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1279

Actions (login required)

View Item View Item