Hana, Nailul (2017) Pembelajaran bahasa arab dengan metode eklektik di MA Hifal Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I, V & LAMP.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab sudah menjadi mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah berbasis agama Islam. Berkaitan dengan pembelajaran bahasa Arab di MA Hifal, guru pengampuh mata pelajaran bahasa arab disana hanya ada satu orang sedangkan di sekolah tersebut terdapat 7 kelas dengan kepribadian dan kemampuan peserta didik yang bermacam-macam, maka dari itu guru di tuntut untuk bisa trampil dalam mengelolah kelas pada proses pembelajaran. dan seringkali guru menekankan pada pemilihan metode yang akan dipakai. Guru menggunakan metode Eklektik. Penelitian yang dilakukan yakni tentang bagaimana pembelajaran bahasa Arab dengan metode Eklektik dan bagimana problem serta solusi dalam pembelajaran bahasa Arab dengan metode Eklektik di MA Hifal Pekalongan. yang bertujuan agar memudahkan guru untuk menyampaikan pelajaran kepada peserta didik dalam proses KBM berlangsung. dari penelitian ini diharapkan dapat mengetahui gambaran-gambaran umum tentang pendidikan bahasa Arab di Madrasah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan secara kualitatif yang menggunakan teknik Observasi, wawancara terkait data-data primer atau sekunder tentang sekolah secara langsung. Baik itu guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab serta peserta didik sebagai data primernya. Sedangkan Kepala sekolah dan Tata Usaha sebagai sumber data sekunder. Penelitian secara observasi dilakukan sebanyak 5 kali didalam kelas. Setelah melakukan penelitian di MA Hifal Pekalongan terkait pembelajaran yang menggunaan metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab disana dapat disimpulkan. Bahawa Semua metode di aplikasikan pada kegiatan pembelajaran guna untuk menutupi kekurangan dari metode yang lain, hal tersebut sesuai dengan karakteristik metode Eklektik. Walau tetap ada beberapa problem yang muncul dan problem yang terjadi dari segi linguistik dan non linguistik bahasa. Terbukti pada linguistik yaitu, saat pembelajaran bahasa Arab ketika peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan guru, mereka beralasan ini itu yang bertujuan untuk mengulur-ulur waktu. Tetapi guru tetap mengupayakan atas beberapa problem yang terjadi dari menyuruh peserta didik untuk berhafalan, latihan menterjemahkan, menyusun kalimat dan sering mencari kosa kata/mufrodat dalam kamus atau dengan bantuan internet.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Eklektik, Problem Pembelajaran | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Muhammad Alghiffary | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2021 03:40 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jun 2021 03:40 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1281 |
Actions (login required)
View Item |