Problematika Pembelajaran Seni Musik Dengan Kurikulum Merdeka di Kelas 4A MIS Kauman Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Santoso, Imam Arif (2024) Problematika Pembelajaran Seni Musik Dengan Kurikulum Merdeka di Kelas 4A MIS Kauman Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320119_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320119_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2320119_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan perubahan kurikulum yang berpengaruh bagi kualitas pendidikan yang ada di indonesia. Penerapan kurikulum merdeka sebagai kurikulum baru serta kompleksitas materi dari seni musik tentu menjadi tantangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi guru dan siswa dalam pembelajaran. Akan tetapi kebebasan tersebut tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran. Hal tersebut dikarena oleh beberapa faktor. Seperti kompetensi guru dalam seni musik, sarana prasarana, lingkungan belajar, metode pengajaran dan integrasi teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis problematika pembelajaran seni musik dengan implementasi Kurikulum Merdeka di kelas 4A MIS Kauman Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran yang fleksibel, berpusat pada siswa, dan holistik, namun dalam pelaksanaannya masih menghadapi berbagai kendala. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni musik di MIS Kauman Wiradesa telah mengadopsi prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, seperti penggunaan metode pembelajaran yang beragam, pendekatan berbasis proyek, dan integrasi nilai-nilai budaya lokal. Namun, beberapa tantangan utama yang dihadapi meliputi keterbatasan sarana dan prasarana, seperti alat musik dan peralatan audio- visual yang tidak memadai, kompetensi guru yang masih terbatas, alokasi waktu pembelajaran yang kurang, serta hambatan dalam integrasi teknologi. Selain itu, evaluasi pembelajaran yang holistik juga terhambat oleh keterbatasan fasilitas dan perbedaan kemampuan siswa. Meskipun demikian, pembelajaran seni musik berhasil meningkatkan minat dan antusiasme siswa, terutama melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti Marching Band dan rebana.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPerdana, FirdausUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika, Seni Musik, Kurikulum Merdeka
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 24 Mar 2025 06:44
Last Modified: 24 Mar 2025 06:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12826

Actions (login required)

View Item View Item