Strategi pemasaran produk tabungan pada BNI syariah Pekalongan

Nurhasanah, Siti (2018) Strategi pemasaran produk tabungan pada BNI syariah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Di zaman modern sekarang ini, hampir semua kegiatan sehari-hari kita memakai jasa perbankan seperti menabung, mentransfer, meminjam uang, dan sebagainya.Bank BNI Syariah Pekalongan menawarkan berbagai macam produk, seperti tabungan, pembiayaan, dan produk jasa.Masyarakat Pekalongan mempunyai keinginan yang tinggi untuk menabung dan hal ini memberikan potensi dan peluang kepada BNI Syariah dalam perannya sebagai penghimpun dana.Produk tabungandalam mengembangkannya perlu melakukan strategi pemasaran yang tepat dan efisien, guna meningkatkan jumlah nasabah pada produk tabungan. Tujuan penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan oleh bank BNI Syariah Pekalongan dalam memasarkan produk tabungannya dan mengetahui hambatan yang dihadapi bank BNI Syariah Pekalongan dalam pemasaran produk tabungan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research)dengan lokasi penelitian di BNISyariah Pekalongan dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berupa dataprimer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan Metode analisis data menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian Tugas Akhir ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilalukan BNI Syraiah dalam memasarkan produk Tabungan tidak menerapkan strategi segmentasi pasar tetapi menerapkan strategi penetapan target dan pemosisian pasar. BNI Syariah juga menggunakan teori marketing mix 6P dalam kegiatan pemasarannya yaitu: product, place, people, promotion, physical evidence, process. Hambatan yang ada dalam memasarkan produk BNI Syariah meliputi faktor internal dan juga faktor eksternal. Faktor internal ini sendiri yaitu kurangnya SDM yang ahli dalam bidang pemasaran syariah dan kurangnya jumlah kantor dan ATM sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi pemasaran produk BNI Syariah yaitu Persaingan antar bank dan lingkungan bisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi Rismawati, ShintaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Staretegi Pemasaran, Hambatan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:41
Last Modified: 03 Jun 2021 03:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1287

Actions (login required)

View Item View Item