Perilaku Pedagang Kaki Lima Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Gemek Kedungwuni Kabupaten Pekalongan)

USMAN, ABRAHAM (2019) Perilaku Pedagang Kaki Lima Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Gemek Kedungwuni Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.

[img] Text
2013312017_Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2013312017_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam kegiatan bisnis, menjadi seorang pedagang bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu tidak dapat dilakukan dengan sesuka hati. Islam memberikan batasan-batasan yang harus dilakukan umatnya, yaitu mempertahankan dan menerapkan etika bisnis Islam termasuk menjaga sikap dan perilaku, yaitu perilaku dalam berdagang yang sesuai dengan etika bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pedagang di Gemek Kedungwuni kabupaten Pekalongan dan Implementasi etika bisnis Islam pada perilaku pedagang di Gemek Kedungwuni kabupaten Pekalongan. Dalam dunia bisnis, tentunya para pedagang haruslah mengedepankan nilai-nilai etika bisnisnya berdasarkan kepada prinsip dan aturan-aturan agama Islam, seperti : tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebajikan sehingga bukan hanya tujuan untuk mencapai keuntungan saja, akan tetapi juga keberkahan yang harus mereka capai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan segala sesuatu perilaku pedagang kaki lima dan etika bisnis Islam sesuai dengan apa yang dilihat dan didengar. Teknik pengambilan sampel pedagang dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling, yaitu memilih secara sengaja sesuai kriteria yang purposive sampling dikehendaki untuk dijadikan sampel. Penelitian menggunakan purposive sampling untuk meningkatkan kegunaan informasi yang diperoleh itu dalam fase penghimpunan data awal mengenai variasi diantara sub-sub unit sebelum sampel tersebut dipilih. Responden para pedagang kaki lima yang berjualan kuliner atau jajan adalah 120 pedagang yang sudah masuk dalam daftar anggota paguyuban. Kriteria untuk pedagang yaitu berdasarkan yang berjualan lebih dari 5 tahun, dan hanya pedagang kuliner saja. Hasil dari penelitian ini adalah pedagang yang ada di Gemek Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, belum bisa dikatakan pedagang yang baik, karena lokasi yang digunakan untuk berdagang adalah jalan atau trotoar, yang mana sebenamya fungsi dari trotoar adalah digunakan untuk para pejalan kaki, walaupun demikian para pedagang setelah selesai berdagang menepikan gerobaknya untuk ditempatkan ditempat yang disediakan pengelola sehingga esok harinya tidak mengganggu pengguna jalan yang melewati Gemek khususnya para siswa siswi yang bersekolah disekitar Gemek Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Namun secara praktisnya, dalam berdagang para pedagang mengetahui perilaku-perilaku yang baik dalam berdagang, meskipun para pedagang belum mengerti tentang etika, akan tetapi para pedagang sudah menerapkan batasan-batasan dalam berdagang yang sesuai dengan ajaran Islam. Kata kunci : Perilaku, etika bisnis Islam, pedagang kaki lima

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorM. Izza, M. IzzaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perilaku, etika bisnis Islam, pedagang kaki lima
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.04092 Entrepreneurs/Entrepreneur, Wirausaha
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:56
Last Modified: 21 Aug 2025 04:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13019

Actions (login required)

View Item View Item