Murniasih, Murniasih (2021) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Di Bpjs Ketenagakerjaan (Studi Kasus Bpjs Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
![]() |
Text
2013115417_Bab1&5.pdf Download (421kB) |
![]() |
Text
2013115417_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (981kB) |
![]() |
Text
2013115417_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (962kB) |
Abstract
BPJS Ketenagakerjaan adalah Badan hukum Publik PT Jamsostek (Persero) yang telah bertansformasi. BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan yang menyelenggarakan program jaminan sosial tenaga kerja, yang meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JPN). Sistem pelayanan perlu didukung oleh kualitas pelayanan, fasilitas yang memadai atau tata karma. Sedangkan tujuan memberikan pelayanan adalah untuk memberikan kepuasan kepada konsumen. Faktor yang dapat mempengaruhi suatu kepuasan adalah kualitas pelayanan seperti bukti fisik, keandalan, dayatanggap, jaminan, dan empati yaitu perbedaan yang terjadi di antara teori dan fakta yang ada dari penelitian – penelitian sebelumnya yang telah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berpengaruh atau tidak dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta di BPJS Ketenagakerjaan Pekalongan. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan / Field Research, pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk menentukan sampel yang diambil menggunakan non probability sampling.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden.Variabel independent dalam penelitian ini adalah dimensi kualitas pelayanan.Variabel dependentnya adalah kepuasan peserta di BPJS Ketenagakerjaan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebar kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen pertanyaan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda serta uji hipotesis dengan uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan koefisien determinasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Dimensi Kualitas Pelayanan,Kepuasan Peserta | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 27 Mar 2025 03:57 | ||||||||
Last Modified: | 27 Mar 2025 03:57 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |