Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Strategi Pemasaran Home Industry Sale Pisang (Studi Kasus Home Industry Sale Pisang “Ibu Latifah” Desa Karanganyar, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan)

Jamalullail, Jamalullail (2021) Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Strategi Pemasaran Home Industry Sale Pisang (Studi Kasus Home Industry Sale Pisang “Ibu Latifah” Desa Karanganyar, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
2013116380_Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2013116380_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
2013116380_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Dampak dari wabah covid-19 yang dirasakan masyarakat adalah mereka kehilangan pekerjaannya. Demi bertahan hidup masyarakat harus berinovasi salah satunya dengan berbisnis. Bentuk dari sebuah usaha diantarannya adalah usaha mikro. Dalam menjalankan usaha akan terjadi suatu hubungan antara produsen dan konsumen yang dilakukan dengan etika bisnis. Sebagai umat Islam, kita diwajibkan untuk mengikuti anjuran dalam menjalankan usaha dengan menerapkan etika bisnis Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan etika bisnis yang dilakukan oleh home industry sale pisang “Ibu Latifah” dalam menjalankan strategi pemasarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, yang dikumpulkan melalui observasi dari literatur dan penelitian sebelumnya, wawancara dan dokumentasi. Proses wawancara dilakukan di home industry sale pisang “Ibu Latifah” Desa Karanganyar, Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Data yang disajikan diuji menggunakan metode triangulasi serta dianalisa dengan reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan dengan logika induktif dan deduktif. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa home industry sale pisang “Ibu Latifah” menerapkan menerapkan strategi pemasaran dengan strategi bauran pemasaran yang meliputi: produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), bukti fisik (physical evidence) dan proses (process). Etika bisnis yang dilakukan home industry sale pisang “Ibu Latifah” dalam menjalankan strategi pemasarannya telah sesuai dengan kaidah etika bisnis Islam dengan menerapkan prinsip dan kaidah yang diatur dalam agama Islam, prinsip ini diwujudkan dalam visi dan misi serta dalam menjalankan seluruh proses yang dilakukan oleh home industry sale pisang “Ibu Latifah” dengan memperhatikan semua unsur dan aspek di dalam usahanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: EtikaBisnis, Strategi Pemasaran
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 27 Mar 2025 03:58
Last Modified: 27 Mar 2025 03:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13064

Actions (login required)

View Item View Item