Afifah, Afifah (2019) Kompetisi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam SMP N 1 Buaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Full text not available from this repository.Abstract
Guru merupakan pendidik dan pengajar untuk pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, dasar dan menengah. Seorang guru harus memiliki kualifikasi tertentu. Sama seperti guru-guru yang lain, seorang guru Pendidikan Agama Islampun harus memiliki kualifikasi formal dan juga kompetensi. Ada beberapa kompetensi yang perlu dikuasai oleh seorang guru Pendidikan Agama Islam, salah satunya adalah kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik sendiri adalah pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum atau silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Dalam skripsi ini, ada dua pokok permasalahan yang akan dibahas, yaitu bagaimana kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Buaran kabupaten Pekalongan?, dan bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam SMP N 1 Buaran kabupaten Pekalongan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik ?. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data diantaranya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengorganisasikan dan mengurutkan data penulis menggunakan reduksi data dan penyajian data. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam SMP N 1 Buaran dalam meningkatkan kompetensi pedagogik sudah dilakukan dengan sangat baik. Semua aspek dalam kompetensi pedagogik seperti pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum atau silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, sudah sangat baik dilakukan. Hal ini tidak lain juga keaktifan dari kepala sekolah untuk bisa meningkatkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru, Pendidikan Agama Islam dan Kompetensi Pedagogik. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2021 03:02 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2021 03:02 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1314 |
Actions (login required)
View Item |