Peran ekstrakulikuler Hadroh dalam menanamkan nilai pendidikan Islam SD N Poncol 02 Kota Pekalongan

Musyafiah, Naili (2019) Peran ekstrakulikuler Hadroh dalam menanamkan nilai pendidikan Islam SD N Poncol 02 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Banyaknya ekstrakurikuler yang ada dapat menjadi pilihan para siswa untuk mengikutinya sesuai minat dan kemampuan yanga da pada dirinya. Banyak di antara para pelajar yang mengikuti ekstrakurikuler untuk menambah wawasannya dan pengalaman. Alasan itu yang membuat banyaknya siswa yang ingin mengikuti ekstrakurikuler yang telah disediakan di sekolah. Ekstrakurikuler yang disediakan diharapkan dapat memberi dampak positif bagi para pelajarnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Proses Kegiatan Ekstrakurikuler Hadroh di SD N Poncol 02 Kota Pekalongan? Bagaimana peran Ekstrakurikuler Hadroh Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Islam SD N Poncol 02 Kota Pekalongan ? Faktor Apa Saja Yang Mendukung dan Menghambat Peran Ekstrakurikuler Hadroh Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Islam di SD N Poncol 02 Kota Pekalongan ? Kegunaan penelitian ini adalah menambah khasanah ilmu pengetahuan tentang nilai pendidikan islam dalam kesenian budaya lokal yang mengacu pada pendidikan islam dan memberikan gambaran dalam aplikasi nilai pendidikan islam dalam membentuk karakter bangsa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan instrumen pada pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jadi bentuk analisis ini merupakan penjelasan-penjelasan bukan berupa angka-angka statistik atau bentuk angka lainnya. Hasil penelitian bahwa peran ekstrakurikuler hadroh dalam menenamkan nilai pendidikan islam siswa SD N Poncol 02 Kota Pekalongan dapat di lakukan melalui tindakan atau praktek langsung oleh pembina/pelatih mengenai karakter jiwa sosial yang akan ditanamkan. Dengan melakukan kegiatan lapangan yang memberikan pengalaman pada para siswa. Karena dengan berpartisipasi langsung dalam kegiatan lapangan, para siswa dapat lebih banyak mengerti mengenai nilai-nilai karakter sehingga dapat mereka praktekkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membentukkarakter siswa. Dalam kegiatan ekstrakurikuler hadroh nilai pendidikan islam yang dapat di temukan dalam penelitian ini yaitu, Nilai Akidah, Shalawat hadrah dapat meningkatkan keimanan peserta didik khususnya, karena dalam syair hadrah juga berisi tentang ke-Esaan Allah SWT. Juga pujian terhadap rasulullah SAW. Nilai Akhlak yang sangat berpearn penting dalam pembentukan akhlak. Nilai Ibadah yang merupakan bentuk pengabdian, penghambaan atau penyembahan. Nilai Sosial dalam aspek sosial kesenian ini memberikan banyak pemberlajaran kepada peserta didik tentang pentingnya berkomunikasi dengan sesama, tolong-menolong dan lain sebagainya. Faktor yang mendukung peran ekstrakurikuler hadroh dalam menanamkan nilai pendidikan islam SD N Poncol 02 Kota Pekalongan, antara lain: adanya pelatih, adanya pembina yang profesional, adanya tata tertib, reward atau penghargaan bagi siswa teladan, adanya kegiatan yang beragam, kondisi sarana dan prasarana yang mendukung, adanya dukungan dari pihak sekolah. Sedangkan faktor yang menghambatnya, antara lain: tingkat kebosanan siswa, kedisiplinan siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Kesenian Hadroh.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:02
Last Modified: 11 Jun 2021 03:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1315

Actions (login required)

View Item View Item