Fitriana, Dina (2025) Strategi Dakwah Digital Pada Akun Tiktok @Attilamaulana (Studi Kasus Konten Hijab Sakaratul Maut). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3421001_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3421001_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
3421001_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (924kB) |
Abstract
Adanya media baru yang terus berkembang mendorong aktivitas dakwah beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Menurut data dari datareportal.com (Januari 2024), 62,3% populasi Indonesia aktif menggunakan media sosial, dengan waktu penggunaan yang lebih banyak dibandingkan media elektronik seperti televisi. Di TikTok, konten hiburan menjadi yang paling populer dengan 535 miliar tampilan tagar, diikuti oleh dance (181 miliar) dan pranks (79 miliar). Di tengah dominasi konten hiburan, beberapa kreator memanfaatkan platform ini untuk menyebarkan kebaikan, seperti akun @attilamaulana yang konsisten membagikan konten dakwah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana strategi dakwah digital pada akun TikTok @attilamaulana serta alasan konten hijab sakaratul maut memiliki banyak viewers. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami strategi dakwah digital pada akun tiktok @attilamaulana dan untuk mengetahui alasan konten hijab sakaratul maut memiliki jumlah viewers yang banyak dibanding konten lainnya. Penelitian ini bermanfaat sebagai referensi bagi masyarakat dan peneliti selanjutnya terkait strategi dakwah di TikTok. Teori yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu Teori New Media. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi dengan cara menonton dengan penuh konsentrasi pada unggahan akun TikTok @attilamaulana dan metode dokumentasi, yaitu tangkapan gambar unggahan video di akun @attilamaulana serta wawancara langsung dengan pemilik akunnya. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan memakai model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dakwah di akun TikTok @attilamaulana menggunakan strategi sentimentil (al-manhaj al'athifi), strategi rasional (al-manhaj al-‘aqli), dan strategi indrawi (almanhaj al-hissi) dalam pembuatan kontennya. Pemanfaatan berbagai fitur TikTok seperti teks dan filter pada video digunakan untuk menambah daya tarik dari konten dakwah yang dibuat. Dengan pengalamannya sebagai konten kreator, penggunaan teknik hook, pemilihan tema yang aktual dan menarik, dan gaya bahasa sesuai dengan objek dakwah pada konten hijab sakaratul maut berhasil menarik perhatian penonton dan telah dilihat oleh 12 juta viewers.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Dakwah Digital, TikTok, Akun @attilamaulana. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 02 May 2025 02:35 | ||||||||
Last Modified: | 02 May 2025 02:35 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13169 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |