Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Perilaku Body Shaming Peserta Didik Kelas Xii Agama Man 1 Kota Pekalongan

Zulfa, Rahma Sabila (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Perilaku Body Shaming Peserta Didik Kelas Xii Agama Man 1 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120289_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (779kB)
[img] Text
2120289_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2120289_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Zulfa, Rahma Sabila. 2025. “Peran Guru PAI dalam Menangani Perilaku Body Shaming Siswa MAN 1 Kota Pekalongan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing H. Mutammam, M.Ed Kata Kunci: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Body Shaming Body shaming adalah tindakan merendahkan seseorang berdasarkan penampilan fisik yang berdampak negatif pada kesehatan mental. Fenomena ini sering terjadi di sekolah dalam bentuk ejekan atau komentar negatif, menyebabkan siswa kehilangan rasa percaya diri. Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) penting dalam menangani masalah ini untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.. Penelitian ini bertujuan mengkaji bentuk body shaming di MAN 1 Kota Pekalongan serta peran guru PAI dalam mengatasinya. Fokus penelitian mencakup identifikasi bentuk body shaming dan peran guru PAI dalam menghadapinya agar tercipta lingkungan sekolah yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data diperoleh dari sumber primer dan sekunder, serta dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk menjamin validitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan penting dalam mencegah body shaming melalui pendidikan, pengajaran, pembimbingan, pengarahan, penilaian, pelatihan dan evaluasi. Dengan menanamkan nilai-nilai Islam, guru membantu siswa memahami dampak negatif body shaming, sehingga menciptakan lingkungan sekolah yang lebih positif dan inklusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMutammam, MutammamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Body Shaming
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Jun 2025 06:48
Last Modified: 16 Jun 2025 06:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13187

Actions (login required)

View Item View Item