Upaya maddrasah dalam menangkal faham radikalisme melalui pendidikan ASWAJA (StudiKasus MA Salafiyah Simbang kulon Pekalongan)

Rahayu, Anita (2019) Upaya maddrasah dalam menangkal faham radikalisme melalui pendidikan ASWAJA (StudiKasus MA Salafiyah Simbang kulon Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pendidikan dan lembaga pendidikan sangat berpeluang menjadi penyebar benih radikalisme dan sekaligus penangkal (baca: deradikalisasi) Islam radikal. Studi-studi tentang radikalisme dan terorisme mensinyalir adanya lembaga pendidikan Islam tertentu (terutama yang nonformal, seperti pesantren) telah mengajarkan fundamentalisme dan radikalisme kepada para peserta didik. Pendidikan Aswaja merupakan benteng untuk menangkal faham radikalisme, melalui nilai-nilai yang diajarkan didalamnya. Dalam peneliatian ini penulis akan merumuskan masalah sebagai berikut 1) Bagaimana upaya menangkal radikalisme di MA Salafiyah Simbangkulon Buaran melalui pendidikan aswaja? 2) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam upaya penangkal faham Radikalisme di MA Salafiyah simbangkulon Buaran Pekalongan melalui pendidikan aswaja?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya madrasah MA Salafiyah simbangkulon Pekalongan dalam menangkal faham Radikalisme melalui pendidikan aswaja. Peneliti ini merupakan peneliti yang menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode interview, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi, paparan data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya madrasah MA Salafiyah simbangkulon Pekalongan dalam menangkal faham radikalisme melalui pendidikan Aswaja yaitu melalui 1) pembelajaran aswaja, meliputi tujuan pendidikan aswaja, materi aswaja, metode dan strategi. 2 ) Pembiasaan, meliputi kegiatan tahlilan, nariyahan, tawasul, tabaruk. Faktor pendukung dari upaya menangkal faham Radikalisme melalui pendidikan Aswaja yaitu lingkungan yang yang berlatarbelakang NU, Guru yang rata-rata lulusan pondok pesantren dan berlatar belakang NU. Faktor penghambat dalam upaya menangkal faham radikalisme melalui pendidikan aswaja yaitu media sosial dan latar belakang sekolah terdahulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuraji, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya menangkal Radikalisme, Pendidikan Aswaja
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:02
Last Modified: 11 Jun 2021 03:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1321

Actions (login required)

View Item View Item