Peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam pada materi 'iman kepada kitab-kitab allah' melalui model problem-based learning di kelas viii SMP Al Manshuriyah Pemalang tahun 2024

Rohman, Rangi Nur (2024) Peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam pada materi 'iman kepada kitab-kitab allah' melalui model problem-based learning di kelas viii SMP Al Manshuriyah Pemalang tahun 2024. [Research]

[img] Text
2. PTK_Rangi Nur Rohman.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan pelaksanaan pembelajaran P A I - B P dengan menggunakan model Problem Based Learning, (2) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya model Problem Based Learning, dan (3) untuk menggambarkan hasil pembelajaran PAI-BP dengan model Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada pembelajaran diskusi sebagai praktik dari keterampilan pemecahan masalah melalui Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus yang telah dilakukan. Pada siklus I, nilai rata-rata posttest adalah 73. Untuk siklus II, nilai rata-rata posttest yaitu 85. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI-BP materi Iman kepada kitab-kitab Allah SWT dengan menggunakan model Problem Based Learning sudah maksimal karena pencapaian ketuntasan nilai KKM mencapai 100%.

Item Type: Research
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufid, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PAI-BP, problem based learning
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Profesi Guru
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 21 May 2025 03:50
Last Modified: 21 May 2025 03:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13232

Actions (login required)

View Item View Item