Suwandi, Dedi (2024) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Interaktif Tentang Indahnya Saling Menghargai Dalam Keragaman Pada Siswa Kelas Iv A Sdn Kabukan 01 Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal Semester 1 Tahun Pelajaran 2024/2025. [Research]
![]() |
Text
3. PTK_Dedi Suwandi.pdf Restricted to Registered users only Download (954kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A di SDN Kabukan 01 Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal melalui penerapan metode pembelajaran interaktif pada materi "Indahnya Saling Menghargai Keragaman." Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Proses penelitian berlangsung selama satu bulan, dari 1 September hingga 1 Oktober 2024, dengan subjek 24 siswa dan kolaborator guru PAI. Teknik pengumpulan data meliputi tes hasil belajar, observasi, kuesioner, dan wawancara. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif, serta dilakukan triangulasi untuk memastikan validitas data. Kriteria keberhasilan tindakan dinyatakan berhasil jika terdapat peningkatan skor rata-rata hasil tes minimal 20%, peningkatan keterlibatan siswa, serta umpan balik positif dari kuesioner dan wawancara. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap praktik pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif dalam memahami keragaman.
Item Type: | Research |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran interaktif, hasil belajar, penelitian tindakan kelas, keragaman. |
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Profesi Guru |
Depositing User: | Ida Royani |
Date Deposited: | 21 May 2025 04:09 |
Last Modified: | 21 May 2025 04:09 |
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |