Nugraha, Deny Setyadi (2024) Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa mapel PAI-BP elemen fikih kelas iv melalui model pembelajaran discovery learning di SD Negeri 1 Candisari Tahun Pelajaran 2024/ 2025. [Research]
![]() |
Text
4. PTK_Deny Setyadi Nugraha.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunakan Model Pembelajaran Dicovery Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Elemen Fikh Materi Menyambut Usia Baligh Kelas IV SD Negeri 1 Candisari Tahun Pelajaran 2024/ 2025”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Candisari pada bulan November sampai Desember tahun 2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Candisari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini ialah tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan presentase ketuntasan belajar klasikal. Penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil apabila presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas IV materi Menyambut Usia Baligh sebanyak 80% siswa mencapai nilai KKTP yaitu 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Elemen Fikh Materi Menyambut Usia Baligh Kelas IV SD Negeri 1 Candisari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2024/2025. Peningkatan tersebut berdasarkan dukungan data pra siklus siswa yang mencapai KKTP sebanyak 5 dari 12 siswa atau 42%. Pada siklus I siswa yang mencapai KKTP sebanyak 6 orang atau 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 10 siswa atau 83%.
Item Type: | Research |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, discovery learning, hasil belajar |
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Profesi Guru |
Depositing User: | Nani Nuryani |
Date Deposited: | 21 May 2025 04:13 |
Last Modified: | 21 May 2025 04:13 |
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13235 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |