Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Upaya Meningkatkan Keterampilan Praktis Siswa Dalam Menyembelih Hewan Kurban Melalui Project Based Learning (Pjbl) Di Kelas Ix H Smp Negeri 1 Kedu Kabupaten Temanggung Tahun 2024/2025

Ulfa, Mariyana (2024) Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Upaya Meningkatkan Keterampilan Praktis Siswa Dalam Menyembelih Hewan Kurban Melalui Project Based Learning (Pjbl) Di Kelas Ix H Smp Negeri 1 Kedu Kabupaten Temanggung Tahun 2024/2025. [Research]

[img] Text
4. PTK_Mariyana Ulfa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “Upaya Meningkatkan Keterampilan Praktis Siswa dalam Menyembelih Hewan Kurban Melalui Project Based Learning (PJBL) di Kelas IX H SMPN 1 Kedu” yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan praktis siswa melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Metode PJBL memungkinkan siswa untuk terlibat langsung dalam proses belajar dengan cara yang lebih interaktif dan aplikatif, sehingga mereka dapat memahami dan melaksanakan prosedur penyembelihan hewan kurban secara benar dan sesuai syariat. PTK ini dilakukan dengan dua siklus. Metode pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase. Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar teori tetapi juga praktik langsung, yang penting untuk membentuk keterampilan teknis dan pemahaman etika dalam penyembelihan hewan. Proyek ini dirancang agar siswa dapat bekerja sama dalam kelompok, mendiskusikan langkah-langkah yang diperlukan, serta mengevaluasi hasil kerja mereka. Dengan demikian, PJBL tidak hanya meningkatkan keterampilan praktis tetapi juga kemampuan sosial dan emosional siswa, seperti kolaborasi, komunikasi, dan kepemimpinan. Hasil dari penerapan PJBL ini terlihat dari adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menyembelih hewan kurban, serta menumbuhkan rasa tanggung jawab dan empati terhadap hewan yang disembelih. Secara keseluruhan, penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan metode pembelajaran di sekolah menengah pertama, khususnya dalam konteks pendidikan karakter dan keterampilan praktis. Namun demikian perlu dilakukan penelitian yang lebih lanjut dengan variable yang lebih kompleks yang belum terungkap dalam penelitian ini, tentu saja pada waktu dan tempat yang berbeda.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: peningkatan kemampuan praktis, penyembelihan hewan kurban, model PJBL.
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Profesi Guru
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 21 May 2025 04:21
Last Modified: 21 May 2025 04:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13236

Actions (login required)

View Item View Item