Rahayu, Siti (2024) Penerapan Model “Prolem Based Learning” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi “ Indahnya Saling Menghargai Dalam Keragaman “Siswa Kelas Iv Sd Negeri 3 Gemawang Tahun Ajaran 2024/2025. [Research]
![]() |
Text
6. PTK_Siti Rahayu.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IV SDN 3 Gemawang , hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI materi Indahnya saling Menghargai dalam Keragaman masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu pada proses pembeIajaran PAI masih banyak peserta didik yang tidak aktif daIam proses pembeIajaran di keIas, hanya sebagian keciI yang cukup pintar dan aktif di keIas.Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan metode yang sesuai dengan materi pelajaran yaitu dengan menerapkan model Problem Based Learning . Permasalah yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : Bagaimana keefektifan Model PembeIajaran ProbIem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman ? Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah : Menguji keefektifan Model PembeIajaran ProbIem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman.Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Gemawang Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung . Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar PAI dalam materi “ Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman” dari siklus I sampai siklus II yaitu dengan nilai rata-rata siklus I 78 , dan rata-rata siklus II 79,8.
Item Type: | Research |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Keragaman , Model Probem Based Learning . |
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Profesi Guru |
Depositing User: | Ida Royani |
Date Deposited: | 21 May 2025 04:53 |
Last Modified: | 21 May 2025 04:53 |
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13241 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |