Ramadhany, Diah Putri (2024) Upaya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi kisah fathu makkah melalui model pembelajaran pjbl di kelas v SD Negeri 1 Soborejo Kabupaten Temanggung tahun pelajaran 2024/2025. [Research]
![]() |
Text
10. PTK_Diah Putri Ramadhany.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada materi Kisah Istimewa Fathu Makkah melalui penerapan model pembelajaran project based learning di kelas V SD Negeri 1 Soborejo, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Tahun Pelajaran 2024/2025. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi tersebut, yang disebabkan oleh kurangnya variasi dalam model pembelajaran. Model pembelajaran project based learning dipilih karena dinilai dapat meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman peserta didik melalui kegiatan belajar yang menyenangkan dan kolaboratif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan meliputi hasil tes belajar, observasi aktivitas siswa, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Selain itu, terdapat peningkatan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, model pembelajaran project based learning dapat dijadikan alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 1 Soborejo.
Item Type: | Research |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, pendidikan agama islam, kisah fathu makkah, project based learning |
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Profesi Guru |
Depositing User: | Nani Nuryani |
Date Deposited: | 21 May 2025 05:48 |
Last Modified: | 21 May 2025 05:48 |
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |