Amrulloh, Musfik (2025) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Talking Stick pada Materi Menyambut Usia Balig Kelas IV SD Negeri Kambangan 02 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Semester 1 Tahun Pelajaran 2024/2025. [Research]
![]() |
Text
12. PTK_Musfik Amrulloh.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian berfokus pada Peningkatan hasil belajar siswa dalam model pembelajaran TalkingStick pada kelas IV SD Negeri Kambangan 02. Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh terhadap peningkatan dan Hasil Belajar siswa dalam model pembelajaran Talking Stick pada kelas IV SD Negeri Kambangan 02. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang bersiklus. Pelaksanaan penelitiannya terdiri dari dua siklus. Pelaksanakan penelitian di SD Negeri Kambangan 02 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal dengan alasan sebagai tambahan referensi pemodelan proses belajar mengajar dari kecenderungan menggunakan metode konvensional sehingga diharapkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Subjek penelitian yang penulis gunakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Kambangan 02 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal yang terdiri dari 22 siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terlihat pada tes awal presentasi ketuntasan hasil belajar yang diperoleh sebesar 31%. Pada siklus I presentasi ketuntasan hasil belajar yang diperoleh sebesar 69% dan pada siklus II presentasi ketuntasan hasil belajar yang diperoleh lebih dari 80%. Dengan menerapkan model pembelajran Talking Stick secara optimal dapat meningkatan hasil belajar siswa
Item Type: | Research |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Hasil Belajar dan Metode Talking Stick |
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Profesi Guru |
Depositing User: | Ida Royani |
Date Deposited: | 21 May 2025 07:18 |
Last Modified: | 21 May 2025 07:18 |
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13253 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |