Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Paibp Materi Asmaul Husna Melalui Penerapan Metode Index Card Match Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Lemahduwur 02 Kabupaten Tegal Semester 1 Tahun Pelajaran 2024/2025

Musyarrofah, Musyarrofah (2024) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Paibp Materi Asmaul Husna Melalui Penerapan Metode Index Card Match Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Lemahduwur 02 Kabupaten Tegal Semester 1 Tahun Pelajaran 2024/2025. [Research]

[img] Text
13. PTK_Musyarrofah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Terlaksananya pendidikan melalui proses belajar mengajar pada dasarnya merupakan inti dari pendidikan secara keseluruhan. Guru sebagai pendidik yang terlibat langsung dalam proses belajar harus mengupayakan agar siswa aktif dalam proses belajar dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran index card match merupakan model pembelajaran dimana siswa belajar dalam kelompok – kelompok kecil yang memiliki tingkat pengetahuan yang berbeda. Pada pembelajaran index card match siswa menempati posisi yang sama dalam proses pembelajaran dan terjadinya kerjasama dalam kelompok dengan ciri utamanya adalah cara siswa bekerjasama dalam kelompok untuk menuntaskan materi yang dipelajari. Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan berpikir tinggi, sedang dan rendah. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang bersiklus. Pelaksanaan penelitiannya terdiri dari dua siklus. Pelaksanaan penelitiannya terdiri dari dua siklus. Pelaksanaan penelitian di SD Negeri Lemahduwur 02 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal dengan alasan sebagai tambahan referensi pemodelan proses belajar mengajar dari kecenderungan menggunakan metode konvensional sehingga diharapkan adanya peningkatan kualitas hasil belajar. Subjek penelitian yang penulis gunakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Lemahduwur 02 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal yang terdiri dari 18 siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terlihat pada tes awal presentasi ketuntasan hasil belajar yang diperoleh sebesar ..... %. Pada siklus I presentasi ketuntasan hasil belajar yang diperoleh sebesar .... % dan pada siklus II presentasi ketuntasan hasil belajar yang diperoleh lebih dari .... %. dengan menerapkan model pembelajaran index card match secara optimal dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Index Card Match.
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Profesi Guru
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 21 May 2025 07:25
Last Modified: 21 May 2025 07:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13254

Actions (login required)

View Item View Item