Irnawati, Irnawati (2024) Penerapan Metode Drill And Practice Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pembelajaran Ayo Belajar Al-Qur’an (Surah An Nas) Pada Siswa Kelas 2 Sd Negeri 2 Tleter Kaloran Temanggung Tahun Ajaran 2024/2025. [Research]
![]() |
Text
15. PTK_Irnawati.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Metode mengajar yang digunakan guru dalam setiap kali pertemuan kelas bukanlah pilihan yang tanpa dasar, tetapi setelah melalui seleksi yang berkesesuaian dengan perumusan tujuan instruksional khusus. Sebab dalam kegiatan belajar mengajar, mengajar bukan semata persoalan menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang langgeng, yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan belajar aktif. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan metode pembelajaran Drill dapat meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti materi surah an nas pada siswa kelas 2 di SD Negeri 2 Tleter kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung Tahun Pelajran 2024/2025. Untuk meningkatkan prestasi dan motivasi siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam, khususnya di SD Negeri 2 Tleter Kaloran Temanggung, salah satunya yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran Drill. Dengan menerapkan metode pembelajaran ini diharapkan prestasi serta motivasi belajar Pembelajaran Agama Islam dapat meningkat. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah memaparkan hasil penerapan metode pembelajaran Drill terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti materi surah an nas pada siswa kelas kelas 2 semester 1 di SD Negeri 2 Tleter Kaloran Temanggung Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri empat tahapan yaitu rancangan, kegiatan, dan pengamatan serta refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri 2 Tleter Kaloran Temanggung Tahun Ajaran 2024/2025. Data yang diperoleh adalah berupa tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus II yaitu, siklus I 46% dan siklus II 93%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Drill dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa SD Negeri 2 Tleter Kaloran Temanggung Tahun Ajaran 2024/2025, serta metode pembelajaran Drill ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Research |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Metode Drill |
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Profesi Guru |
Depositing User: | Ida Royani |
Date Deposited: | 21 May 2025 07:42 |
Last Modified: | 21 May 2025 07:42 |
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13256 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |