Penerapan metode pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi surat al maun di SDN Balapulang Kulon 03 Kabupaten Tegal semester gassal tahun pelajaran 2024 /2025

Usripatun, Usripatun (2024) Penerapan metode pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi surat al maun di SDN Balapulang Kulon 03 Kabupaten Tegal semester gassal tahun pelajaran 2024 /2025. [Research]

[img] Text
13. PTK_Usripatun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada kelas V SDN Balapulang Kulon 03 KabupatenTegal semester I Tahun Pelajaran 2024/2025 karena hasilnya kurang memuaskan atau rendah. Diketahui hasil belajar siswa baru mencapai rata-rata 68 dibawah standar KKTP yaitu 75. Hasil pembelajaran dari 24 siswa masih terdapat 13 siswa atau 60% mendapat nilai dibawah 75 berarti belum dapat dikatakan tuntas belajar. Dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami makna al-maun dengan menerapkan metode pembelajaran make a match. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah Penerapan Metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam materi memahami makna qs al ma’un kelas V semester I tahun pelajaran 2024/2025 di SDN Balapulang Kulon 03?. Tujuannya adalah Meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan materi PendidikanAgama Islam dan Budi Pekerti khususnya dalam memahami makna qs al maun melalui penerapan metode pembelajaran Make a match sehingga diperoleh hasil belajar yang sesuai dengan yang diharapan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, dengan subjek penelitian sebanyak 24 siswa, bertempat di SDN Balapulang Kulon 03 Setiap siklus ada empat tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data dengan menggunakan persentase yang diperoleh berdasarkan pada indikator keberhasilan yaitu jika nilai siswa mencapai 75 sebanyak 85% maka dikatakan tuntas belajar secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran make a match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mempermudah bagi guru dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan dan menuntaskan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal pada tahap pra siklus sebesar 46%, pada siklus I sebesar 67%, dan pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik mencapai 92%. Nilai rata-rata hasil peserta didik juga mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu para tahap pra siklus sebesar 68, siklus I sebesar 76, dan pada siklus II naik menjadi 86. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode pembelajaran make a match. Adanya peningkatan prestasi belajar ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata peserta didik dan persentase ketuntasan belajar peserta didik.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: make a matcg, hasil belajar, Al Maun
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Profesi Guru
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 21 May 2025 08:38
Last Modified: 21 May 2025 08:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13262

Actions (login required)

View Item View Item